Find Us On Social Media :

Siap-siap Hadapi Ancaman China, India dan Jepang Satukan Kekuatan Gelar Latihan Perang di Samudera Hindia

By Tatik Ariyani, Minggu, 5 Juli 2020 | 20:08 WIB

(Ilustrasi) Kapal induk Jepang

Grid.ID -  Angkatan laut India dan Jepang menggelar latihan bersama di Samudra Hindia pada pekan lalu.

Hal tersebut memberi indikasi bahwa kedua negara semakin dekat untuk menghadapi apa yang mereka anggap sebagai ancaman bersama dari China.

Dilansir dari South China Morning Post, latihan militer bersama yang melibatkan kedua negara ini memang tidak jarang dilakukan, namun kegiatan terakhir terjadi di tengah ketegangan yang dialami kedua negara dengan Beijing.

Pasukan India dan China tetap terkunci dalam pertempuran di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan di mana 20 tentara India tewas dalam bentrokan baru-baru ini dengan pasukan China.

Baca Juga: Damai Bak Jadi Hal yang Mustahil, Intelijen India Laporkan 20 Ribu Tentara China Dekati Lembah Galwan, Pasukan Tiongkok Bisa Capai Garis Depan dalam Hitungan Jam

Sementara Jepang dan China bersitegang dalam perang kata-kata mengenai langkah Jepang untuk mengubah administrasi status Kepulauan Senkaku, yang diklaim China sebagai Kepulauan Diaoyu.

New Delhi dan Beijing saling menyalahkan atas kematian di Himalaya.

Dimana Duta Besar China untuk India Sun Weidong mengatakan pasukan India bertanggung jawab atas bentrokan itu karena mereka telah melewati Garis Kontrol Aktual yang bertindak sebagai perbatasan de facto.

Sebagai tanggapan, Duta Besar India untuk China Vikram Misri memperingatkan riak dan dampak dalam hubungan diplomatik karena China berusaha mengubah status quo di darat secara paksa.

Halaman selanjutnya...