Find Us On Social Media :

Amankah Bahan Alami Digunakan untuk Atasi Masalah Kulit Bagi Ibu Hamil? Berikut Penjelasan Dokter di Beauty Date 2020

By Hana Futari, Minggu, 19 Juli 2020 | 01:54 WIB

Gambar Ilustrasi Ibu Hamil

Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari

Grid.ID - Program Pregnancy Safe Skin Treatment dalam Beauty Date selesai digelar, Sabtu (18/7/2020).

Program Pregnancy Safe Skin Treatment di Beauty Date 2020 begitu cocok bagi para ibu hamil yang galau dengan masalah kulit yang mereka alami.

Kelas Pregnancy Safe Skin Treatment dalam Beauty Date 2020 dihadiri pembicara yang terdiri dari dr. Ruswantriani, SpOG dan dr. Stefani Rachel Soraya Djuanda, SpKK dari RSU Bunda Jakarta.

Hadir pula presenter Glory Oyong yang berbagi pengalamannya ketika hamil dan menghadapi masalah kulit

Rupanya, pada semua kehamilannya, Glory Oyong selalu mengalami masalah kulit.

Mulai dari munculnya jerawat, beruntusan, hingga lipatan wajah yang memerah.

“Aku sempat hamil yang pertama lalu keguguran. Dari setelah keguguran itu, ada perubahan hormon, jerawat mulai muncul banyak banget.

Dari yang awalnya enggak pernah jerawatan, jadi gede-gede banget (jerawatnya). Beruntusan kecil-kecil ada, di bagian wajah kayak lipatan-lipatan itu agak merah,” ujar Glory, Sabtu (18/7/2020).

Untungnya, masalah tersebut ternyata tidak terjadi pada kulit tubuhnya.  

“Untuk kulit tubuh, syukurnya tidak terlalu bermasalah. Tidak ada stretch mark atau guratan-guratan di sekitar pinggul,” sambungnya.  

Menanggapi hal tersebut, dr. Rachel, SpKK mengatakan masalah kulit seperti jerawat memang suatu hal yang wajar dialami oleh ibu hamil.

“Yang dialami Mbak Glory itu klasik ya. Hampir semua perempuan yang hamil mengalami hal yang sama,” ucap dr. Rachel.

Namun, selain jerawat, ada tiga masalah kulit lainnya yang kerap melanda ibu hamil.

“Kelainan kulit pada ibu hamil itu banyak. Tapi, yang paling sering persis seperti yang dialami Mbak Glory. Semua kelainan yang terjadi pada ibu hamil itu rata-rata karena perubahan hormonal.

Jerawatan, stretch mark, lipatan-lipatan jadi hitam semua, dan yang keempat ini baru kayak penyakit ya, yaitu gatal,” jelas dr. Rachel.

Mendengar hal tersebut, Glory Oyong pun bercerita bahwa dulu dirinya pernah menggunakan bahan alami seperti cuka apel untuk mengatasi masalah kulitnya.

Akan tetapi, Alih-alih mendukung, dr. Rachel ternyata justru sangat tidak menyarankan ibu hamil membuat racikan sendiri sekalipun dari bahan-bahan alami.

"Orang pakai cuka apel itu kan untuk ambil asamnya, obat-obat jerawat itu basic-nya asam, baik itu diminum, ditotol, cairan peeling, untuk menetralisir jerawat," ujar dr. Rachel.

"Lalu, orang-orang suka racik sendiri, tapi berapa persen asamnya kan kita enggak tahu? Itulah yang bahaya, yang home made. Jadi kalau lihat resep dari YouTube atau dari mana, dari selebgram, mesti waspada, jangan langsung diikuti,” jelas dr. Rachel.

Senada dengan dr. Rachel, dr. Tria mengatakan perawatan kulit ketika hamil sebenarnya tidaklah sulit.

Ibu hamil cukup rajin mencuci muka bahkan masih diperbolehkan menggunakan produk skincare yang dijual di pasaran.

Akan tetapi, beberapa kandungan pada produk skincare harus tetap diperhatikan ya, Moms.

“Satu, rajin cuci muka. Sedangkan, untuk penggunaan skincare memang harus dipilih-pilih. Tapi, produk skincare yang dijual di pasaran rata-rata sebenarnya aman,” ujar dr. Tria.

“Sebenarnya untuk skincare tidak ada yang benar-benar dilarang digunakan ibu hamil. Cuma yang biasanya dihindari itu retinoic acid, yang isinya pencerah hidrokuinon, dan steroid," ujar dr. Rachel

Basicly, tiga kandungan itu memang mesti diwaspadai, baik ketika hamil atau pun tidak,” sambungnya.

Namun, jika memang ibu hamil takut menggunakan produk skincare, dr. Tria mengatakan kesehatan kulit juga bisa dijaga dari dalam, misalnya asupan makanan.

“Orang hamil itu kebutuhan akan cairan itu pasti bertambah. Jadi, minumnya harus lebih banyak," terang dr. Tria.

"Kalau makanan, kami anjurkan tentu makanan yang sehat, tinggi protein, mengurangi karbohidrat, serta makanan yang mengandung antioksidan tinggi,” tutupnya.

Acara Beauty Date 2020 by Grid Network merupakan kolaborasi dari female media Grid Network yang terdiri dari NOVA, Nakita, Grid.ID, CewekBanget.ID, dan Stylo Indonesia.

Beauty Date 2020 masih berlanjut hingga Minggu (19/7/2020).

Di hari terakhir, Beauty Date akan mengangkat tema 'Makeup Day' yang berisi 3 kelas berbeda  yaitu New Beauty Normal, Daily Makeup Course, dan Makeup Challenge khusus untuk peserta Stylobebs dan CB Besties

Beauty Date 2020 juga membuka donasi untuk membantu teman-teman penyedia jasa kecantikan yang minim pemasukannya dengan mengklik link berikut (https://kitabisa.com/campaign/beautydate).

Tak kalah menarik dari hari pertama, Beauty Date hari kedua besok secara gratis hanya dengan mengakses Facebook dan Instagram.

Sampai bertemu di Beauty Date 2020 hari kedua!