Find Us On Social Media :

Waspadalah! BMKG Bunyikan Alarm Serius untuk Masyarakat Agar Mulai Siap Siaga Usai Selatan Jawa Lagi-lagi Diguncang Rentetan Gempa Bumi

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 19 Juli 2020 | 09:07 WIB

Ilustrasi

Intisari-Online.com - Belakangan ini gempa bumi mengguncang beberapa wilayah di Indonesia.

Bahkan, gempa bumi juga terjadi dalam rentang waktu yang berdekatan.

Kali ini, Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akhirnya mengeluarkan peringatan agar masyarakat waspada terhadap potensi gempa bumi tektonik.

Hal tersebut dilandaskan lantaran gempa bumi tektonik yang terjadi di wilayah Samudera Hindia Barat Daya Pangandaran pada pukul 11.08 WIB, pada Jumat (17/7/2020).

Baca Juga: Covid Hari Ini 19 Juli 2020, Kasus Covid-19 di Indonesia Lampaui China, Epidemolog: Sudah Diprediksi Sejak Lama dan Makin Akan Meningkat

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 3,7.

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan bahwa episenter terletak pada koordinat 8,18 LS dan 107,85 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 89 kilometer arah barat daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 18 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktifitas sesar aktif di dasar laut," kata Daryono.

Halaman selanjutnya...