Find Us On Social Media :

Akhirnya Kena Batunya, Kerap Memamerkan Kemewahan di Hadapan Publik, Sosok Ketua KPK Ini kini Diadukan ke Sidang Pelanggaran Kode Etik, ICW: Dia Harus Mengundurkan Diri

By Ervananto Ekadilla, Kamis, 27 Agustus 2020 | 12:00 WIB

ICW menilai kelakuan Firli Bahuri yang kerap memamerka kemewahan di hadapan publik adalah pelanggaran kode etik berat.

Grid.ID - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana menilai kasus yang menimpa Ketua KPK, Firli Bahuri termasuk ke dalam pelanggaran berat.

Bahkan bila nanti terbukti bersalah, Firli Bahuri bisa direkomendasikan oleh Dewan Pengawas KPK untuk mengundurkan diri.

Sebab, tindakan Firli menggunakan helikopter swasta dalam perjalanan pribadi, melanggar kode etik dan pedoman perilaku integritas pejabat publik."Kami beranggapan tindakan dari Komjen Pol Firli Bahuri ini sudah memenuhi pelanggaran berat."

"Yang harusnya nanti putusannya, Dewas merekomendasikan kepada yang bersangkutan untuk mengundurkan diri sebagai ketua KPK," tutur Kurnia dalam tayangan Kompas TV, Rabu (26/8/2020).

Terkait bantahan Firli yang mengaku menggunakan dana pribadi, Kurnia menyebut tetap menggunakan asas praduga tak bersalah.

Menurutnya, menggunakan dana pribadi ataupun bukan, sebagai Ketua KPK, Firli dianggap tidak pantas memamerkan kemewahan di tengah publik.

Bersambung ke halaman selanjutnya