Find Us On Social Media :

Ada Potensi Tsunami Setinggi 20 Meter Ancam Warga di Laut Selatan Pulau Jawa, BMKG Ungkap Skema 20-20-20 yang Bisa Bantu Warga Saat Tsunami Kembali Terjadi di Indonesia

By Mentari DP, Senin, 28 September 2020 | 17:25 WIB

Ilustrasi tsunami.

Grid.ID – Tahun 2020 seperti menjadi tahun yang buruk bagi warga Indonesia.

Ketika kita semua masih berjuang menghadapi masalah ekonomi Karena pandemi virus corona (Covid-19), ada lagi masalah tak terduga.

Baru-baru ini, ada laporan tentang potensi tsunami mengancam warga di Selatan Pulau Jawa.

Dilansir dari kompas.tv pada Senin (28/9/2020), potensi tsunami itu diklaim akan setinggi 20 meter dan akan sangat berbahaya jika benar-benar terjadi.

Baca Juga: Dulu Musuh Sekarang Kawan, Sempat Saling Ancam Berperang, Tiba-tiba China dan Taiwan Bersatu dan Ingin Menyerang Jepang Secara Besar-besaran, Apa yang Terjadi?

Para ahli pun kembali menggencarkan edukasi mitigasi bencana kepada masyarakat.

Salah satu mitigasi yang sering disosialisasikan oleh berbagai pihak yakni skema 20-20-20.

Apa itu skema mitigasi 20-20-20?

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono menerangkan, skema 20-20-20 sebagai skema mitigasi bencana gempa dan tsunami telah melalui berbagai riset dan kajian.

"Jadi saya kira ini (skema 20-20-20) masih sangat relevan untuk digunakan," kata Rahmat, Minggu (27/9/2020), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Menurut Rahmat, skema ini adalah pedoman mitigasi bencana bagi masyarakat awam, terutama yang tinggal di kawasan pesisir pantai.

Halaman selanjutnya…