Find Us On Social Media :

Merdeka 21 Tahun dari Indonesia Tapi Tak Ada Perubahan Ekonomi, Pemuda di Sana Justru Berbondong-bondong Pilih Jadi Warga Negara Portugal, Ada Apa?

By Sosok.id, Selasa, 6 Oktober 2020 | 15:28 WIB

ilustrasi Timor Leste. Merdeka 21 Tahun dari Indonesia Tapi Tak Ada Perubahan Ekonomi, Pemuda di Sana Justru Berbondong-bondong Pilih Jadi Warga Negara Portugal, Ada Apa?

Grid.ID - Sudah semenjak beberapa tahun terakhir pemandangan kepadatan orang-orang Timor Leste di depan Kedutaan Besar Portugal di Dili menjadi hal yang biasa.

Bahkan antrian orang yang didominasi oleh pemuda tersebut sampai mengular.

Kerumunan pemuda itu bukan tanpa alasan, mereka menanti sambil berharap bisa mendapatkan paspor Portugal.

Harapan mereka tinggi untuk bisa menjadi warga negara Portugal dan hengkang secepatnya dari Timor Leste.

Baca Juga: Jadi Incaran Sindikat Penyelundup Timor Leste, Inilah 'Emas Hijau', Kayu Termahal di Dunia yang Diagungkan dalam Kronik Klasik China

Keinginan anak-anak muda itu untuk meninggalkan kampung halaman sangat beralasan.

Sebab semenjak merdeka menjadi sebuah negara dan terlepas dari Indonesia, Timor Leste hanya mengalami sedikit perubahan.

Mengutip dari The Interpreter, Jumat (2/10/2020), bahkan Timor Leste kekurangan lapangan pekerjaan.

Hal itu menjadi salah satu alasan mengapa beberapa tahun terakhir banyak pemuda Timor Leste yang lebih memilih untuk pergi ke luar negeri.

Baca Juga: Terkenal di Indonesia, Ternyata Komunitas Bela Diri Asal Indonesia Ini Ada di Timor Leste, Tetapi Justru Bikin Pemerintah Timor Leste Keteteran, Kok Bisa?

BACA SELANJUTNYA >>>