Find Us On Social Media :

Pakar Sebut Kim Jong-un Keluarkan 'Air Mata Buaya' Saat Pidato Minta Maaf pada Rakyatnya, Ini Kebijakan-kebijakan Diktator Korut yang Bikin Warga Menderita

By Tatik Ariyani, Senin, 19 Oktober 2020 | 16:39 WIB

Kim Jong-un

Grid.ID - Warga Korea Utara menitikkan air mata ketika pemimpin tertinggi mereka, Kim Jong-un, menangis saat memberikan pidato.

Kim begitu emosional dalam parade militer untuk memperingati 75 tahun Partai Buruh Korea, yang digelar pada Sabtu pekan lalu (10/10/2020).

Dalam parade yang dihelat di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Kim secara tak terduga minta maaf tak bisa berbuat banyak "menyingkirkan kesulitan warganya".

Dia berkata, Korea Utara sudah menghadapi "cobaan yang tak terhitung", "tantangan berat", termasuk mencoba mengatasi virus corona.

Baca Juga: Tikam Palestina dari Belakang, Memangnya Apa yang Didapat Bahrain Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel?

Dalam video yang disiarkan kantor berita pemerintah, Kim Jong Un nampak melepas kacamatanya dan kemudian menyeka air maaf yang menetes.

"Rakyat kita sudah menggantungkan kepercayaan, setinggi langit, sedalam lautan, tapi saya gagal. Saya gagal mengangkat memuaskan kalian," kata dia.

"Untuk itu, saya minta maaf," lanjut pemimpin yang merupakan generasi ketiga Keluarga Kim itu, seperti dilansir Daily Mirror Senin (12/10/2020).

Namun pada analisis meragukan ketulusan permintaan maaf Kim tersebut.

Halaman selanjutnya...