Find Us On Social Media :

Bak Senjata Makan Tuan Akibat Keserahakannya Sendiri, Pulau Buatan China di Laut China Selatan Ini Terancam Tenggelam, Padahal Fungsinya Amat Membahayakan Amerika

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 5 November 2020 | 18:39 WIB

Xi Jinping

Grid.ID - Permainan geopolitik berisiko tinggi yang dimainkan di Laut Cina Selatan jelas terlihat.

Yang paling berbahaya secara ekologis adalah pembangunan pulau-pulau buatan China di Laut Cina Selatan, yang bergantung pada kapal keruk untuk mengaduk terumbu karang dan menutupinya dengan pasir dan kerikil untuk menciptakan daratan.

Sejak 2014, China telah mengubah tujuh terumbu karang yang sebagian besar di bawah air menjadi pulau buatan, termasuk pulau dengan landasan pacu yang cukup panjang untuk menyambut jet militer.

“Masalah terburuk dengan pembangunan pulau adalah efeknya permanen,” kata John McManus, profesor biologi kelautan dan ekologi di Universitas Miami sebagaimana dilansir The Time.

Baca Juga: Kabar Baik, Bu Ida Fauziyah: Minggu Ini Semoga Subsidi Gaji Termin II Tersalurkan

Ahli biologi kelautan McManus, yang melakukan perjalanan penelitian ke Spratly awal tahun ini, memperkirakan bahwa metode ini telah menyebabkan kerusakan parah.

Pada 2013, tak lama setelah dia menjabat sebagai Presiden China, Xi Jinping mengunjungi Tanmen dan mengajak penduduk untuk melaut sebagai cara untuk menunjukkan semangat nasional mereka.

Milisi nelayan lokal telah berada di garis depan kampanye untuk mengambil alih Scarborough Shoal untuk China yang disengketakan.

(China mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan untuk dirinya sendiri, melalui garis sembilan putus berbentuk U yang tercetak di petanya.)

Halaman selanjutnya...