Find Us On Social Media :

Dari Jalan Miring Hingga Jalan Menunduk, Inilah Gambaran Sulitnya Upaya Orang China Hindari Pantauan Ratusan Juta CCTV yang Dipasang Pemerintahnya

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 29 November 2020 | 15:54 WIB

Warga China menghindari pantauan CCTV

Grid.ID - Pada tahun 2018, artis Deng Yufeng membeli informasi pribadi 300.000 orang di Tiongkok dan menampilkannya di depan umum untuk membuktikan sebuah poin tentang ancaman pencurian identitas.

Dia diinterogasi oleh polisi dan untuk sementara dilarang meninggalkan Wuhan.

Sejak saat itu Deng, yang menggunakan seni untuk mengkritik topik sensitif di China, ingin menggali pelanggaran privasi di sana.

Ia melihat karyanya sebagai pencerahan bagi publik.

Baca Juga: Anda Bisa Mendapatkan Uang Hanya Dengan Jual 'Hak Wajah' Anda ke Perusahaan Ini, Tapi Siap-siap Melihat Wajah Anda Jadi Beredar di Mana-mana, Ini Sebabnya, Mau?

Proyek terbarunya adalah karya seni pertunjukan yang membuatnya memimpin sebuah kelompok di ibu kota Beijing menyusuri jalan yang menghindari banyak kamera pengintai, yang dipentaskan sebagai tindakan pembangkangan terhadap sistem pengawasan China yang meluas.

"Saya hanya seorang manusia."

"Saya melihat masalah dan, karena saya seorang seniman, saya ingin memperbesar masalah itu sampai semua orang bisa melihatnya."

"Saya berharap mereka bisa merasakan sesuatu tentang itu,” katanya.

Halaman selanjutnya...