Find Us On Social Media :

Bukan Main! China Ciptakan Matahari dengan Panas 10 Kali Lebih Besar dari Matahari di Tata Surya

By Sosok.id, Senin, 7 Desember 2020 | 19:49 WIB

Ilustrasi Matahari

Grid.ID - China membuat terobosan baru dengan menyalakan 'matahari buatan' untuk mencari energi fusi nuklir.

China menciptakan matahari buatan dengan reaktor HL-2M yang mampu beroperasi pada suhu 150 juta derajat Celcius (270 juta Fahrenheit).

Suhu ini 10 kali lebih panas dari matahari sesungguhnya.

Dikutip dari South China Morning Post, Senin (7/12/2020), China pada hari Jumat membuat satu langkah maju dalam pencariannya untuk energi bersih melalui fusi nuklir terkendali.

Baca Juga: Nyalinya Sengaja Dibikin Ciut oleh Kim Jong Un, Warga Korea Utara Dipaksa Saksikan Detik-detik Seorang Pria Ditembak Mati Gegara Nekat Keliaran di Perbatasan Korut-China

Mereka menugaskan "matahari buatan", fasilitas penelitian reaktor fusi nuklir generasi baru yang beroperasi pada suhu 10 kali lebih panas dari matahari sesungguhnya.

Menurut China National Nuclear Corporation (CNNC), perangkat HL-2M Tokamak mampu beroperasi pada suhu 150 juta derajat Celcius, hampir tiga kali lebih panas dari versi sebelumnya yang disebut HL-2A.

Kemampuan menghasilkan suhu ultra tinggi tersebut sangat penting untuk penelitian proses fusi, mereplikasi cara matahari menghasilkan energi dengan menggunakan gas hidrogen dan deuterium sebagai bahan bakar.

Diketahui, matahari yang kita kenal hanya beroperasi pada suhu 15 juta derajat Celcius.

BACA SELANJUTNYA>>