Find Us On Social Media :

Sajikan Menu Spesial Sate Maranggi, Ini Tips dari Chef Gilles Marx

By Yussy Maulia, Jumat, 19 Februari 2021 | 15:00 WIB

Sate Maranggi ala Chef Gilles Marx yang menggunakan daging sapi Australia.

Grid.ID – Sate adalah salah satu kuliner Nusantara yang memiliki variasi beragam dan unik. Beberapa daerah di Indonesia memiliki hidangan khas sate yang disajikan dengan jenis daging, bumbu, serta cara penyajian yang berbeda-beda.

Misalnya, sate padang yang disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan cabai untuk menghasilkan cita rasa pedas. Sate padang biasanya menggunakan bahan daging, lidah atau jantung sapi dan disajikan dengan makanan sampingan berupa kerupuk kulit.

Sementara, di Madura, hidangan sate biasanya menggunakan bahan daging ayam dan disajikan dengan kecap atau bumbu kacang yang khas. Sate madura biasanya dimakan bersama lontong dan pelengkap berupa acar.

Nah, selain dua jenis sate tersebut, ada satu yang keberadaannya cukup populer terutama di daerah Jawa Barat yaitu sate maranggi. Sate ini biasanya dibuat dari daging sapi, domba, atau kambing. Kepopuleran sate ini datang dari cita rasa manis dan kaya rasa rempah.

Musim hujan seperti saat ini pun menjadi saat yang paling pas buat menyantap sate maranggi dengan sepiring nasi hangat.

Baca Juga: Kocaknya Para Member Even of Day Unjuk Bakat Terpendam demi Bisa Makan Sate, dari Tirukan Siput hingga Monyet

Kamu yang ingin menyantap sate maranggi bisa dengan mudah menemukan kedai-kedai yang menjajakannya di daerah Purwakarta, Jawa Barat. Namun, jika sedang ogah bepergian, sate maranggi ternyata bisa dibuat di rumah.

Founder sekaligus Operation Director di AMUZ Gourmet Group, Chef Gilles Marx memberikan resep dan tips mudah membuat sate maranggi di rumah.

Chef asal Perancis tersebut membagikannya saat menjadi bintang tamu dalam acara Indonesian Meat Cuisine episode ketiga pada Jumat, (19/02/2021) yang dilangsungkan secara live di Instagram (IG) @dreamcoid.

Sebagai informasi, Indonesian Meat Cuisine merupakan acara masak-memasak yang diadakan oleh Meat and Livestock Australia (MLA). Chef dari berbagai negara dihadirkan untuk berbagi cara memasak daging sapi menjadi hidangan-hidangan khas Nusantara.

Sang chef akan mengenakan pakaian adat sesuai dengan asal hidangan Nusantara yang dimasak. Memasak hidangan khas Jawa Barat, Chef Gilles mengenakan totopong—tutup kepala khas Sunda.

Baca Juga: 5 Daftar Makanan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak, Salah Satunya Ikan Teri!

Dengan keahlian dan pengalamannya di dunia kuliner, Chef Gilles membagikan banyak informasi menarik seputar pembuatan hidangan khas Nusantara tersebut.

Menurut Chef Gilles, pemilihan daging sapi yang digunakan sebagai bahan dasar sangat menentukan rasa dari sate maranggi yang dimasak.

Kamu harus memilih daging yang berkualitas dan memiliki kandungan nutrisi tinggi supaya bisa memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dalam kesempatan tersebut, Chef Gilles menggunakan daging sapi Australia sebagai bahan baku utama untuk membuat sate maranggi. 

“Daging sapi Australia tidak hanya memiliki tekstur sempurna dan rasa enak, tetapi juga kaya akan nutrisi,” kata Chef Gilles.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam daging sapi tersebut, lanjut Chef Gilles, meliputi zat besi, zinc, vitamin B12, hingga selenium.

Baca Juga: 5 Makanan Sumber Zat Besi Terbaik yang Sering Kamu Abaikan nih

“Kehadiran zat besi ini sangat penting karena dapat mencegah anemia, serta bisa membantu konsentrasi dan berpikir,” ucap Chef Gilles.

Terlebih, daging sapi Australia diproses dengan sistem peternakan Australia yang menerapkan sistem pelacakan untuk memastikan sapi diperlakukan dengan baik.

Selain itu, daging sapi Australia yang dipasarkan di Indonesia telah melalui persyaratan teknis untuk menghadirkan daging sapi yang halal.

Oleh karenanya, Chef Gilles menambahkan, daging sapi Australia ini tidak hanya berkualitas, tetapi juga halal dan aman untuk dikonsumsi.

Makan dalam porsi yang tepat

Nah, selain memilih daging yang berkualitas dan kaya akan nutrisi, Chef Gilles turut menyampaikan kepada penonton untuk tetap menjaga asupan porsi daging yang tepat. Hal ini supaya tubuh kita bisa menyerap nutrisi dari daging sapi dengan optimal.

“Sebagai saran, daging sapi dapat dikonsumsi sebanyak 3-4 kali seminggu atau sejumlah 100-125 gram sekali makan,” katanya.

Mau terus dapat inspirasi masak kuliner Nusantara dari para chef ternama? Update terus setiap minggunya dengan menonton live cooking bersama True Aussie Beef and Lamb melalui akun Instagram @trueaussieid.

Kamu juga bisa dapatkan resep-resep masakan yang menggunakan daging sapi lainnya di www.trueaussiebeefandlamb.id