Find Us On Social Media :

Ramadan 2021 Semakin Dekat! Yuk Siapkan Kurma untuk Berbuka Puasa Nanti, Manfaatnya Bisa Membuat Kamu Terhindar dari Makan Berlebihan Setelah Seharian Berpuasa!

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 6 April 2021 | 17:11 WIB

Kurma disarankan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi setelah berbuka puasa. Apa sih khasiatnya?

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan buah kurma, apalagi menjelang bulan Ramadan.

Pasalnya, buah yang berasal dari Timur Tengah ini sangat disarankan oleh Nabi Muhammad untuk dikonsumsi setelah berbuka puasa.

Bahkan, melansir Back to Jannah, buah kurma juga disebutkan dalam sebuah hadis untuk dikonsumsi setiap hari di pagi hari.

Baca Juga: Ramadhan 2021: Berikut Tips Berbuka dan Sahur dari Yulia Baltschun Agar Bobot Tubuh Tidak Naik dan Tetap Kuat Jalani Puasa

Sebenarnya anjuran ini bukan tanpa alasan, sebab buah kurma telah terbukti secara ilmiah mempunyai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

Seperti yang diwartakan Kompas.com, buah kurma sendiri tinggi akan kandungan serat, antioksidan, serta vitamin dan mineral lainnya seperti vitamin A, vitamin B, zat besi, potassium, hingga kalsium.

Berikut adalah manfaat mengonsumsi kurma bagi kesehatan yang dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Iseng-iseng Minum Air Rendaman Kurma Setiap Hari, Jangan Kaget Kalau 5 Perubahan Ini Terjadi Pada Tubuh!

Mengandung antioksidan

Terdapat tiga kandungan antioksidan yang paling kuat di dalam buah kurma, di antaranya flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

Kandungan antiosksidan ini berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya bagi tubuh.