Find Us On Social Media :

Ramadhan 2021 Semakin Dekat, Ini Kelompok Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Sahur Agar Tubuh Tetap Berenergi

By Devi Agustiana, Rabu, 7 April 2021 | 14:08 WIB

Ada beberapa aturan yang perlu dipahami dalam menu makan sahur.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Bulan Ramadhan 2021 tinggal beberapa hari lagi.

Penting bagi kita untuk menjaga tingkat energi dan menghindari godaan makanan yang tidak sehat selama bulan ini.

"Di bulan Ramadhan pola makan kita berubah secara radikal, karena kita hanya makan saat sahur (subuh) dan buka puasa (saat matahari terbenam),” kata Rahma Ali, Ahli Gizi Klinik di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, yang Grid.ID kutip dari Khaleejtimes.com.

Baca Juga: Ramadan 2021 Semakin Dekat! Yuk Siapkan Kurma untuk Berbuka Puasa Nanti, Manfaatnya Bisa Membuat Kamu Terhindar dari Makan Berlebihan Setelah Seharian Berpuasa!

Makanan merupakan bagian penting dari rutinitas puasa, maka diperlukan gizi yang seimbang.

“Meskipun mengonsumsi indeks glikemik yang rendah adalah ide yang bagus, makan sahur dan buka puasa harus seimbang dan berisi item dari setiap kelompok makanan, seperti sayuran, sereal, daging, produk susu, dan buah-buahan," lanjutnya.

Penting juga makanan yang dikonsumsi bisa membuat tetap terhidrasi, jadi perhatikan baik-baik pemilihan makanan selama sahur.

Baca Juga: Gampang Banget, Inilah 5 Langkah Sederhana untuk Membuat Ayam Asam Manis yang Bisa Kamu Sajikan dalam Menu Buka Puasa di Bulan Suci Ramadhan 2021

Ada beberapa aturan dalam menu makan sahur.

Makanan yang harus dikonsumsi saat sahur:

1. Makanan kaya protein