Find Us On Social Media :

UMKM Solo Terdampak Pandemi Covid-19, Direktur Shopee Indonesia Turun Tangan Berikan Wadah Bagi Para Pelaku Usaha, Handhika Jahja: Kami Berharap, Kolaborasi Ini Dapat Menjangkau Pasar Lebih Luas Lagi

By Hananda Praditasari, Sabtu, 24 April 2021 | 03:05 WIB

Gibran Rakabuming dan Direktur Shopee

Laporan Wartawan Grid.ID, Hananda Praditasari

Grid.ID - Saat ini para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) banyak yang terdampak dengan pandemi COVID-19, khususnya masyarakat kota Surakarta.

Tentu saja pihak Shopee ingin membantu mereka untuk bisa berjuang lebih kuat lagi dalam memasarkan dan mengembangkan ekspansi bisnis hingga menuju ekspor.

Bersama dengan Pemerintah Kota Surakarta, Shopee pun telah sepakat untuk menandatangani kolaborasi strategis guna mempersiapkan UMKM Solo go Ekspor.

Kerjasama ini pun telah disepakati dan diapresiasi oleh Gibran Rakabuming selaku Wali Kota Surakarta, Pada Jumat (23/04/2021), di Alila Hotel Grand Ballroom Solo, Jawa Tengah.

"Kami mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Shopee dalam memberikan wadah bagi para pelaku UMKM di Indonesia untuk dapat terus berkembang, terutama dalam menyalurkan produk ke luar negeri," tutur Gibran Rakabuming.

"Dengan semakin banyaknya akses dan edukasi yang diberikan bagi para UMKM untuk dapat berjualan online bahkan mengekspor produknya, dapat membuat mereka terus optimis dalam menggiatkan bisnis terutama di masa pandemi ini," tutupnya.

Sementara Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia pun ikut menambahkan jika kerjasama ini merupakan wujud dari komitmen Shopee dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia.

Baca Juga: Gibran Rakabuming Dukung Penuh Pelaku UMKM Solo untuk Memanfaatkan Aplikasi Shopee: Mau Tidak Mau, Go Digital!

"Kami akan menghadirkan rangkaian program edukasi dan pendampingan yang dapat mengasah kompetensi dan pengetahuan dalam mewujudkan ekspor," kata Handhika Jahja.

"Selain dari pengadaan program Kampus Shopee yang telah secara rutin dilakukan di Kota Surakarta dengan ratusan penjual yang telah berpartisipasi, kedepannya kami akan membangun tempat pelatihan UMKM secara fisik," lanjutnya.

Handhika Jahja juga berharap kolaborasi ini akan menjangkau pasar yang lebih luas lagi.