Find Us On Social Media :

Vaksin Gotong Royong Sudah Bisa Digunakan, Berapa Tingkat Kemanjuran Vaksin Sinopharm dan Vaksin Cansino?

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 19 Mei 2021 | 19:28 WIB

Ada dua jenis vaksin yang digunakan dalam program Vaksin Gotong Royong yaitu vaksin Sinopharm dan Cansino. Berapa tingkat kemanjuran atau efikasi kedua vaksin ini?

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDVaksin Gotong Royong telah resmi digunakan sejak Selasa (18/5/2021) alias bergeser satu hari dari jadwal sebelumnya yaitu Senin (17/5/2021).

Sebagai informasi, vaksin Gotong Royong adalah program vaksinasi untuk karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung badan hukum/badan usaha.

Dengan kata lain, vaksinasi ini diberikan secara gratis kepada karyawan.

Mengutip dari Kompas.com, vaksin yang digunakan untuk program Vaksinasi Gotong Royong adalah vaksin Covid-19 asal China yaitu Sinopharm dan Cansino Biologics.

Adapun harga atau tarif masimal vaksin Gotong Royong telah diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan (Kepmenkes) Nomor HK.01.07/MENKES/4643/2021.

Untuk vaksin Sinopharm, harga pembelian vaksin Rp 321.660 per dosis dan tarif maksimal pelayanan vaksinasi sebesar Rp 117.910 per dosis.

Sedangkan pemerintah telah membuat kontrak pengadaan vaksin Sinopharm sebanyak 7.5 juta dosis dengan jumlah vaksin yang tersedia mencapai 500 ribu dosis dan vaksin Cansino sebanyak 5 juta dosis vaksin.

 Baca Juga: Satu Kasus Mutasi Virus Corona E484K Ditemukan di Jakarta, Lebih Cepat Menular dan Diduga Dapat Memengaruhi Vaksin

Namun berbeda dengan vaksin Sinopharm, vaksin Cansino hanya akan diberikan dalam satu dosis suntikan.

Perlu diingat bahwa program vaksin Gotong Royong ini berbeda dengan program vaksinasi gratis dari pemerintah yang sudah berjalan.

Artinya, penerima vaksin Gotong Royong tidak boleh menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pzifer.