Find Us On Social Media :

Diduga Menjadi Penyebab Markis Kido Meninggal Dunia, Kenali 5 Tanda Serangan Jantung Saat Olahraga

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 15 Juni 2021 | 13:27 WIB

Juara Olimpiade 2008 di Beijing, Markus Kido, meninggal dunia pada Senin (14/6/2021) pada umur 36 tahun akibat serangan jantung saat olahraga.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Pebulutangkis sekaligus peraih medali emas Olimpiade 2008, Markis Kido meninggal dunia pada Senin (14/6/2021).

Kabar Markis Kido meninggal dunia ini telah dikonfirmasi oleh Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Adapun dugaan penyebab Markis Kido meninggal dunia adalah serangan jantung saat olahraga.

Melansir Kompas.com, saat itu Markis Kido sedang bermain bulu tangkis di GOR Petrolin, Tangerang bersama rekan-rekannya, termasuk Chandra Wijaya.

Menurut Chandra Wijaya yang juga legenda bulu tangkis Indonesia, Markis Kido sempat terjatuh di lapangan pukul 18.30 WIB.

"Suasana bermain tadi juga santai dan tidak berat. Kami juga sempat bercanda. Keadaan saat itu adalah Markis Kido sudah bermain setengah set dan harus berpindah tempat," ujar Candra Wijaya.

“Saya saat itu sedang menonton dari belakang. Saya kemudian kaget dan panik ketika melihat Markis Kido terjatuh dan tengkurap. Tidak normal. Dia tidak sadarkan diri dan mengorok," ucap Candra Wijaya.

 Baca Juga: Markis Kido Meninggal Dunia, Candra Wijaya Jelaskan Kronologi Meninggalnya Sang Legenda Pemain Bulu Tangkis Tanah Air

Melihatnya, Chandra Wijaya dan rekan lainnya segera memberikan pertolongan pertama sebelum akhirnya membawa Markis Kido ke RS Omni Alam Sutera.

Diberitakan oleh Kompas.com, pihak RS Omni Alam Sutera menjelaskan bahwa Markis Kido sudah dalam keadaan henti napas dan henti jantung ketika tiba sekitar pukul 19.17 WIB.

Serangan jantung memang dapat mengintai siapapun, termasuk atlet atau orang yang sering berolahraga sekalipun.