Find Us On Social Media :

Peduli Literasi, DKK Salurkan Donasi Buku #AkuBaca untuk Pemulihan Sekolah Pasca-Bencana

By Grid, Kamis, 13 Januari 2022 | 12:01 WIB

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) menyalurkan bantuan buku #AkuBaca sejumlah 12 dus kepada SDN-04 Mekkata, Kabupaten Majene Sulawesi Barat (11/01/22).

Grid.ID – Yayasan Dana Kemanusiaan (DKK) menyalurkan bantuan buku sebanyak 12 kardus untuk SDN 04 Mekkata, Sulawesi Barat (11/01/22).

Bantuan buku ini merupakan hibah dari #AkuBaca – Gerakan Literasi Nusantara, salah satu program kontribusi sosial Kompas Gramedia (KG) di bidang Pendidikan.

Buku-buku yang didonasikan antara lain buku pendukung pembelajaran, buku motivasi, buku novel, buku cerita bergambar, dan buku lainnya yang sesuai dengan segmentasi usia pelajar sekolah dasar.

Donasi buku dikirimkan melalui layanan ekspedisi KGX dikoordinir oleh Forum Komunikasi Daerah (FKD) KG wilayah Makassar.

Bantuan buku telah diterima oleh Kepala SDN 04 Mekkata dan selanjutnya dimanfaatkan sebagai koleksi buku perpustakaan sekolah guna meningkatkan intensitas membaca buku di sekolah.

Siswa-siswi SDN 04 Mekkata menyambut gembira buku-buku tersebut.

Ketua FKD KG Makassar F.X. Sumaryoto menyampaikan, “Harapan saya melalui bantuan buku #AkuBaca akan menambah semangat bagi adik-adik di SDN 04 Mekkata, serta bisa meningkatkan literasi di level sekolah dasar di Mekatta.”

Baca Juga: Suga BTS Ungkap Kesan Pertamanya Saat Bertemu Chris Martin cs: Saya Bisa Tahu Apakah Mereka Tulus Atau Tidak, dan Coldplay..

Kepala Sekolah SDN-04 Mekkata Nasaruddin menyatakan, “Sekolah berharap semua warga sekolah baik guru maupun siswa dapat mengedepankan upaya meningkatkan literasi dengan membaca buku setiap waktu. Untuk sementara buku yang sempat kami buka adalah buku bacaan agama, dan siswa kami sangat antusias membaca buku tersebut.”

Bantuan buku #AkuBaca yang disalurkan oleh DKK turut dijadikan pihak sekolah sebagai indicator pendukung dalam penilaian SDN-04 Mekkata terkait persiapan kegiatan pembelajaran tatap muka 100%.

Penilaian tersebut akan dilakukan oleh tim monitoring kabupaten secara eksklusif ke SDN 04 Mekkata.

Sebelumnya, DKK telah membantu rehabilitasi dan rekonstruksi gedung SDN 04 Mekkata yang rusak akibat bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (15/01/2021) dengan menyalurkan donasi dari Pembaca Harian Kompas.