Find Us On Social Media :

'Gala Ada Rasa Aman dan Menyenangkan', Komnas Perlindungan Anak Tak Temukan Bukti atas Laporan Doddy Sudrajat yang Menduga Gala Sky Dieksploitasi

By Corry Wenas Samosir, Sabtu, 15 Januari 2022 | 14:14 WIB

Arist Merdeka Sirait selaku Ketua Komnas PA saat Grid.ID temui dikantornya, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (15/1/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Corry Wenas Samosir Grid.ID -  Beberapa waktu lalu, Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) datang mengunjungi rumah keluarga Bibi Ardianyah untuk melihat kondisi Gala Sky Andriansyah.Sebelumnya, kedatangan Komnas PA ke rumah keluarga Bibi Ardiansyah atas laporan Doddy Sudrajat mengenai dugaan eksploitasi anak. Ayah Vanessa Angel juga mengklaim tak bisa bertemu dengan cucunya."Satu bulan yang lalu, Saudara Doddy menghubungi Komnas Perlindungan Anak menyampaikan keluhan-keluhan terhadap apa yang sedang terjadi di antara Haji Faisal dengan Doddy Sudrajat," ujar Arist Merdeka Sirait selaku Ketua Komnas PA saat Grid.ID temui di kantornya, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (15/1/2022)."Namun setelah kami mendengarkan semua penjelasan maka untuk mengkonfrimasi terhadap apa yang disampaikan Doddy, misalnya ada eksploitasi, dia menganggap bahwa keluarga faisal melakukan eksploitasi terhadap Gala Sky lalu dia tidak boleh lagi bertemu dengan cucunya," sambungnya.Setelah mendengar laporan dari Doddy Sudrajat, Komas PA pun melihat secara langsung keadaan putra mendiang Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah itu.Tidak ada eksploitasi anak maupun kekerasan yang dilakukan keluarga Bibi Ardiansyah kepada bocah satu tahun itu."Akhirnya kita mengagendakan mediasi ke rumah pak Faisal. Fakta-fakta pada saat itu kita bertemu, berpengalaman, dan sebagainya," kata Arist Merdeka Sirait.

Baca Juga: Kecewa karena Komnas Anak Tak Berpihak Padanya, Doddy Sudrajat Tak Hadiri Panggilan Terkait Perdamaian dengan H. Faisal

Arist Merdeka Sirait justru melihat pemandangan yang kontras. Gala dalam keadaan yang menyenangkan dan aman berada di keluarga Bibi Ardiansyah."Kemudian saat kita visitasi berinteraksi dengan cucu pak Faisal dan Doddy dan keluarga besarnya, kita menyimpulkan yang pertamanya sekali adalah bahwa Gala itu kita lihat itu dalam situasi yang menyenangkan. Anak itu bertumbuh berkembang sesuai dengan keinginannya rasa nyaman," paparnya.Untuk itu, pihak Komnas Perlindungan anak menyimpulkan Gala Sky Andriansyah dalam kondisi baik bersama keluarga almarhum sang ayah, Bibi Ardiansyah."Kami tidak menemukan bukti-bukti di sana, misalnya pak Faisal mencabut perwaliannya seperti itu tapi itu dalam proses hukum," jelasnya.Kendati begitu, Arist Merdeka meminta dua keluarga untuk duduk bersama dan bicara dari hati ke hati.Hal tersebut bertujuan agar Gala Sky Andriansyah tidak menjadi korban atas perebutan dua keluarga."Pada kesempatan itu saya atau atas nama dewan Komnas anak diminta sebagai mediator. Baik itu sebagai saksi ahli nanti kalau misalnya dipanggil oleh pengadilan, saya bilang iya. Keluarga Faisal mempercayakan supaya ada mediasi, dalam langkah-langkah itu kan harus dikondisikan apa kemauan pak faisal kepada pak Doddy," tuturnya.

Baca Juga: Ngotot Suruh Fujianti Utami Minta Maaf atas Pencemaran Nama Baik, Doddy Sudrajat Malah Dapat Tanggapan Enteng dari Mertua Vanessa Angel: Persoalannya di Mana?

(*)