Find Us On Social Media :

Nggak Akan Mudah Lapar, Ternyata Minum Segelas Susu Saat Sahur Banyak Manfaatnya Buat Tubuh, Lakukan Ketika Ramadan 2022 Nanti ya!

By Devi Agustiana, Rabu, 9 Maret 2022 | 14:22 WIB

Minum susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi saat waktu sahur.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Ketika makan sahur, tentu banyak orang akan memilih makanan bergizi dan bisa membuat kenyang lebih lama, bukan?Nah, susu adalah salah satu minuman yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut.Mengutip Tribunnews.com, mengonsumsi segelas susu saat sahur bisa membantu menjaga rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein di dalamnya.Selain itu, asupan cairan dalam tubuh juga bisa tetap terjaga.Susu mengandung kalsium dan banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh, serta akan membantu memperkuat daya tahan selama berpuasa.Meskipun demikian, bukan berarti kita harus santap sahur dengan segelas susu saja, ya.Mengutip Kompas.com, dr Alvin Nursalim, SpPD turut menjelaskan mengenai anjuran minum susu saat sahur.Perlu ditekankan kalau susu tidak membuat perut menjadi kenyang lebih lama, terutama jika kita cuma minum susu.

Baca Juga: 24 Hari Menuju Ramadan 2022, Simak Baik-baik, Minum Es Berlebihan saat Buka Puasa Bisa Sebabkan 4 Masalah Kesehatan Serius Ini!

Jumlah kandungan nutrisi di dalam susu tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dalam segelas susu sekitar 250 mililiter, terdapat kandungan kalsium sekitar 300 miligram. Orang dewasa memerlukan asupan kalsium sebanyak 1.100 miligram per hari, sementara anak-anak sekitar 1.000-1.200 miligram. Oleh karena itu, untuk makan sahur, kita dapat memilih menu sehat dan seimbang yang mengandung seluruh zat gizi yang diperlukan tubuh.Kalau sudah, maka kita melengkapinya dengan segelas susu.Bukan hanya saat sahur, susu juga bisa disantap saat berbuka puasa.Segelas susu bisa menjadi menu berbuka puasa untuk kembali mengisi energi tubuh yang hilang.Akan tetapi, jika mengalami sakit perut setelah minum susu, kemungkinan kita kekurangan enzim laktosa.Karena hal tersebut, maka kandungan laktosa di dalam susu tidak dapat dicerna usus dengan baik.

Baca Juga: Jangan Maruk! Konsumsi Makanan Pedas Berlebih saat Buka Puasa di Ramadan 2022 Ternyata Bawa Sederet Bahaya yang Mengancam Kesehatan, Simak Penjelasan Ini dari Ahli

Akibatnya bakteri pembentuk gas memicu kembung dan diare.Sebagai saran, bisa mengonsumsi camilan atau makanan ringan terlebih dahulu, barulah bisa meminum segelas susu.(*)