Find Us On Social Media :

'Bukan Cuma Jago Ngurus Anak', Mona Ratuliu Puji Suaminya yang Ahli Bikin Telur Setengah Matang, Makanan Ini Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

By Devi Agustiana, Kamis, 10 Maret 2022 | 17:16 WIB

Mona Ratuliu pamer makan telur setengah matang buatan sang suami. Makanan ini punya banyak manfaat buat kesehatan, loh.

 
Laporan Wartawan Grid.ID, Devi AgustianaGrid.ID – Melalui media sosial, Mona Ratuliu menyebut kalau sang suami, Indra Brasco pandai membuat telur setengah matang.Unggahan yang Grid.ID kutip pada Kamis (10/3/2022) itu, menampilkan suami Mona Ratuliu yang sedang membuat minuman dari telur setengah matang."Bukan cuma jago ngurus anak nih. Dia jago bikin telor setengah matang," kata Mona Ratulu.Bahkan, artis kelahiran 31 Januari 1982 itu sampai menawarkan suaminya untuk berjualan."Jualan aja yang," lanjut Mona.
 

 
Kemudian, pasangan yang menikah pada 2002 itu pun kompak menikmati telur setengah matang yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.Iya, telur setengah matang, khususnya telur dari ayam kampung memang sangat kaya akan kandungan gizi.
 
Baca Juga: Lebih Baik Nggak Makan Telur Seumur Hidup, Tolong Jangan Nekat Makan Telur Rebus Sebelum Tidur, Ternyata Memancing Penyakit Ini Bersarang dalam Tubuh
 
Melansir laman Kompas.com, telur ayam kampung relatif aman dikonsumsi setengah matang karena punya ketahanan terhadap bakteri yang kuat dibandingkan telur ayam ras atau ayam negeri. “Ayam kampung itu disertasi saya. Saya membuktikan bahwa ayam kampung itu tahan terhadap salmonela karena dia secara genetik mempunyai ketahanan,” kata Prof. Dr. Ir. Niken Ulupi, MS., dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB.Ayam kampung memang punya daya tahan tubuh lebih terhadap bakteri daripada ayam negeri.Hal itu karena pola hidup sehari-harinya yang cenderung bebas. Ayam kampung bebas berkeliaran di alam terbuka sehingga bisa menghirup udara luar. Selain itu, makanannya pun cenderung kotor, diambil dari sampah di jalanan. Nah, dengan demikian, akan memengaruhi imunitas tubuhnya.Semakin lama tubuh ayam kampung, semakin terbiasa melawan bakteri yang ada pada makanannya sehari-hari. Jadi imunitas tubuh ayam tersebut meningkat dan akan lebih kuat terhadap aneka penyakit, salah satunya salmonela.
Baca Juga: Dikira Sehat Tapi Malah Bikin Bolak-balik ke Rumah Sakit, Telur Asin yang Jadi Favorit Masyarakat Indonesia Ternyata Bisa Datangkan Bahaya Kesehatan Ini

Mengenai manfaatnya, telur setengah matang bisa membantu menurunkan berat badan, loh.

Mengutip Tribun Sumsel, telur mengandung asam amino yang sangat tinggi, jadi telur setengah matang sangat bagus untuk sarapan.Adapun asam amino di dalam telur setengah matang bermanfaat sebagai sumber energi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan protein, dan bisa membantu kenyang lebih lama. Disamping itu, 75% lemak di dalam telur merupakan lemak tidak jenuh sehingga mudah diserap oleh tubuh. Kemudian, vitamin A juga merupakan salah satu nutrisi yang terkandung di dalam telur.Dalam telur setengah matang, jumlah vitamin A akan jauh lebih banyak.Hal ini membuat telur setengah matang jauh lebih baik dibandingkan telur yang sepenuhnya matang. (*)