Find Us On Social Media :

Jangan Mau Meskipun Gratis, Kangkung dengan Kondisi Seperti Ini Sangat Berbahaya, Bisa Bikin Satu Keluarga Masuk Rumah Sakit!

By Devi Agustiana, Selasa, 15 Maret 2022 | 21:23 WIB

Tolong perhatikan hal ini saat membeli kangkung, jangan sampai membahayakan keluarga,

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi AgustianaGrid.ID – Siapa sih yang tidak tahu kangkung? Sayuran ini seringkali kita jumpai sehari-hari, kan?Apalagi kangkung juga sangat ekonomis dan mudah diolah.Bonusnya, kangkung sangat kaya akan manfaat kesehatan.Mengutip Kompas.com, salah satu keunggulan kangkung yang utama adalah bisa mencegah anemia.Anemia sendiri adalah kondisi lemah dan lesu akibat kekurangan darah.Nah, kangkung mengandung zat besi yang bisa mencegah anemia dengan cara merangsang produksi sel darah merah.Kemudian, kangkung juga bisa menjaga kesehatan mata.Di dalam kangkung terkandung vitamin A, karotenoid, dan lutein.

Baca Juga: Tolong Jangan Pernah Mencuci Kangkung dengan Air dalam Ember, Bisa-bisa Satu Keluarga Sakit-sakitan Gegara Penyakit Ini Muncul, Waspada!

Ketiga kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan mata kita.Kaya akan manfaat kesehatan, tapi kita juga perlu memperhatikan beberapa hal saat membeli kangkung.Berikut Grid.ID sudah melansirnya dari Sajian Sedap, apa saja yang harus diperhatikan.Sebelumnya kita perlu tahu kalau kangkung biasa tumbuh di sawah.Jadi jangan heran akan banyak bakteri yang masuk ke dalam batang kangkung.Bahkan, bisa ada cacing tanah hingga lintah di dalam batang kangkung yang berongga tersebut.Oleh karena itu, usahakan tidak memilih kangkung yang batangnya cenderung besar.Kangkung yang memiliki rongga besar, bisa jadi tempat tinggal lintah dan serangga.Semakin besar batangnya, maka akan semakin besar kemungkinan lintah bersarang.

Baca Juga: Chef Tahu Sendiri! Ternyata Resep Rahasia Tumis Kangkung Nikmat ala Restoran Gampang Banget, Cuma Tambahkan Bahan ini

Untuk cara membersihkannya, usahakan dilakukan dengan sangat teliti.Belah batang kangkung dan cuci menggunakan air mengalir.Dengan begitu, maka kotoran tidak akan tersangkut lagi pada kangkung.Kita juga bisa merendam kangkung dengan air garam sebelum dimasak.Setelah kangkung dicuci, bisa rendam kangkung dengan air garam terlebih dahulu karena serangga tidak suka hidup dalam air garam.Itulah tips mengolah dan memilih kangkung yang aman.(*)