Find Us On Social Media :

Makna di Balik Music Video Lagu 'Terjerat' Karya Mia Ismi yang Sarat Filosofis

By Cucianingsih, Rabu, 3 Agustus 2022 | 10:55 WIB

Grid.ID - Penyanyi sekaligus violinis Mia Ismi baru saja mengeluarkan single solo perdananya berjudul 'Terjerat'. Bekerjasama dengan Willy Jayasukma sebagai Music Arranger, Mia menampilkan lagu dengan sentuhan Pop dengan sound design yang fresh dan kekinian.

Kekuatan vokal dan permainan biola Mia menjadi kekuatan yang unik di lagu ini. Untuk urusan Mastering, Mia mempercayakan lagu ini pada DJ Romy Soekarno. Untuk konsep music video lagu ini, Mia Ismi pun men-direct video klipnya ini sendiri dan menggaet Raiden Soedjono (mantan drummer Iwan Fals) sebagai model klip.

Di sini Mia Ismi rupanya berusaha menggabungkan semua hal yang ia pelajari selama ini dengan mengkolaborasikan kekuatan nyanyian dengan keindahan musik, tari, akting dan permainan biola.

“Baik di lagu dan video klipnya, aku ingin mengedepankan image bahwa penyanyi dan pemain biola itu tidak selalu anggun atau mellow, tetapi bisa juga dengan karakter kuat dan bold”, tutup Mia.

Melalui music videonya Mia Ismi menampilkan aksi ciamik tarian kontemporer oleh penari Lea Tikoalu. Penari Tikoalui tampil menari dengan menggunakan topeng. Ada pula aksi Mia Ismi yang memainkan biola. 

Mia Ismi sendiri kerap ikut berperan di beberapa teater musikal, sehingga musik video yang dihasilkan sarat akan unsur drama. 

"Aku kan ikut teater musikal, film juga terkadang di produksinya bertemu dengan sutradara-sutradara yang udah jadi mentor saya, ada Mas Garin Nugroho, Ari Tulang, Agus Noer, Wawan Sofwan,  saya curi-curi ilmu juga dari mereka dan belajar gitu, gimana caranya untuk menghasilkan visual ke dalam audio maupun sebaliknya" ungkap Mia Ismi. 

Mia mengungkapkan karena lagu tersebut merupakan karya pribadinya, maka ia tak segan untuk mengimplementasikan idenya. Saat membuat lagu tersebut, Mia mengaku sudah membayangkan konsep music video. 

"Di ceritanya (music video) itu aku memang pengen karakter biola ini gak cuma lembut, tapi juga bisa strong, kuat, bold" ungkap Mia. 

"Aku ingin si biola ini menjadi senjata perpanjangan si Alpha Female, terus ada karakter shadow-nya yang ditarikan oleh Kak Lea Tikoalu, lalu itu ceritanya adalah pikiran-pikiran, sisi gelap si cewek Alpha Female ini, keinginan terdalam yang ingin merengut si cowok, dan sebenarnya semua kejadian itu terjadi di kepala dia" jelas Mia menceritakan cerita dalam music videonya. 

"Jadi di ending video klipnya, ada gambar si cewe itu terikat, yang udah terjerat sebenarnya itu ceweknya bukan si cowoknya" ungkap Mia Ismi.

(*)