Find Us On Social Media :

Keberagaman Indonesia: Sambut Idul Adha, Kebun Raya Bali Turut Menyalurkan Hewan Kurban

By Grid, Rabu, 13 Juli 2022 | 20:01 WIB

Kebun Raya Bali

Grid.ID - Pulau Bali terkenal sebagai Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura.

Adat serta kebudayaan setempat yang masih sangat kental, lantas tak menyurutkan “jiwa penghuni” Pulau Bali yang terkenal memiliki toleransi keberagaman yang tinggi, termasuk ketika umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha.

Kebun Raya Bali yang berada di bawah naungan PT. Mitra Natura Raya turut serta menyalurkan hewan kambing sebagai kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Kebun Raya Bali.

Kurban tersebut disalurkan ke Masjid Al Hikmah yang terletak di Banjar Candikuning II, dalam pengelolaan Panitia Kurban Banjar Candikuning II oleh setiap DKM Masjid.

Menyalurkan hewan kurban merupakan salah satu program CSR PT. Mitra Natura Raya yang sering dilakukan oleh perusahaan kepada masyarakat untuk menjalin tali persaudaraan di sekitar Kebun Raya Bali dan memberikan kebahagiaan terhadap sesama seperti di 3 Kebun Raya lainnya yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Purwodadi.

Perayaan hari besar umat Islam di dunia, Idul Adha, yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriah tentunya dapat dimaknai sebagai media untuk saling berbagi terhadap sesama, mengajarkan untuk tetap memupuk rasa empati terhadap sesama dengan menyisihkan sebagian titipan harta oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk berbagi menebar kebaikan di dunia.

Niat baik juga ditunjukkan oleh pihak pengelola Kebun Raya Bali, yang pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ini kembali menyumbangkan hewan kambing kurban untuk menjadi pengingat dalam meningkatkan takwa terhadap ajaran-Nya serta menjalin tali silaturahmi dengan warga setempat di Desa Candikuning.

Baca Juga: Adu Pengahasilan Antara Gaji Presiden Indonesia dan Pelawak, Putra Sule Terang-terangan Ajak Kaesang Pangarep Tukeran Ayah, Begini Reaksi Adik Gibran Rakabuming!

“Alhamdullilah, Masyaallah Tabarakallah. Pihak pengelola Kebun Raya Bali sangat bersyukur dapat kembali turut serta dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah ini. Sungguh hari yang sangat dinanti-nanti."

"Bukan hanya dimaknai sebagai hari suci semata, namun lebih kepada upaya memaknai pesan untuk tetap takwa terhadap ajaran-Nya, tidak lupa untuk berbagi kepada sesama. Saya berharap momentum indah ini dapat menjadi landasan untuk tetap menjaga hubungan baik antara pihak Kebun Raya Bali dengan masyarakat setempat,” ujar General Manajer Kebun Raya Bali, Rachmat Winna Triputra (10/07/2022).