Find Us On Social Media :

'Harus Karya Kita Sendiri' Lanjutkan Pendidikan S3 di Tengah Kesibukan Politik, Rieke Diah Pitaloka Mengaku Kerjakan Disertasi Tanpa Joki

By Virgilery Levana Clarence, Minggu, 11 September 2022 | 07:22 WIB

Rieke Diah Pitaloka ditemui di Universitas Indonesia, Sabtu, (10/9/2022).

Laporan Wartawan Grid.ID, Virgilery Levana

Grid.ID - Selebriti sekaligus politikus Rieke Diah Pitaloka memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya dengan mengambil gelar doktoral Fakultas Ilmu Komunikasi FISIP UI.

Rieke menyelesaikan pendidikan S3-nya selama 2 tahun 8 bulan di tengah-tengah kesibukannya sebagai seorang anggota dewan di DPR.

Meski begitu, Rieke mengaku bahwa dirinya tidak pernah menyerahkan pengerjaan karya ilmiah miliknya kepada orang lain semenjak berkuliah dari S1 hingga sekarang.

"Nggak ada, kalau di UI sama saja dan saya kebiasaan dari S1, S2 saya, saya tidak pernah menyerahkan karya ilmiah saya ke orang lain," ujar Rieke saat ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Sabtu, (10/9/2022).

Bagi Rieke, menjadi sebuah kerugian jika seseorang menggunakan jasa joki atau jasa orang lain ketika mengerjakan hasil karya ilmiah.

"Karena rugi ya, kita sekolah, kita ngeluarin biaya, effort waktunya, tenaga, pikiran, kalau bisa sekolah jangan pakai joki kalau menurut saya," lanjutnya.

Oleh karena itu, meski sudah menginjak usia 48 tahun, Rieke masih berusaha untuk terus mengerjakan karya ilmiah miliknya secara mandiri.

Walau dirinya mengakui ada beberapa hal yang bersifat teknis yang memang harus dibantu oleh sebuah tim.

"Karena ilmu itu apalagi udah umur STW gini susah banget mikir ya, jadi saya ngetik sendiri semuanya, bahwa ada tim iya," tutupnya.

Baca Juga: 'Semoga Bisa Segera Mendapatkan' Rayakan Kelulusan S3 dengan Status Jomblo, Rieke Diah Pitaloka Akui Iri Sama Wisudawan Lain yang Datang dengan Pasangan

(*)