Find Us On Social Media :

Rieke Diah Pitaloka Lulus S3, Raih Gelar Sarjana Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia

By Cucianingsih, Rabu, 14 September 2022 | 07:37 WIB

Rieke Diah Pitaloka ditemui di Universitas Indonesia, Sabtu, (10/9/2022).

Grid.ID – Kabar bahagia kini tengan menyelimuti Rieke Diah Pitaloka yang baru saja lulus S3 mengambil jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia. Wisuda pemeran Si Oneng dalam series ‘Bajaj Bajuri’ tersebut dilaksanakan pada Sabtu (10/9/2022).

Diketahui jika program doktoralnya tersebut tidak linier dengan jurusan saat kuliah sarjana dan magister. Oleh sebab itu, Rieke harus menjalani perkuliahan matrikulasi selama dua semester sebelum pandemi.

Saat ditemui seusai upacara wisuda, Rieke tampak dengan wajah bahagia karena telah meraih gelar doktor. Rieke pun kemudian menceritakan pengalamannya selama kuliah doktoralnya tersebut. Menurutnya di usia yang kini berumur melakukan kegiatan kuliah merupakan hal yang cukup berat.

Diketahui jika, saat berkuliah Rieke tak hanya disibukkan dengan kegiatan akademis saja, melainkan juga disibukkan dengan pekerjaannya sebagai politisi. Maka dari itu, Rieke harus pandai menata waktu agar urusan pekerjaan dan kuliah tak terganggu.

“Alhamdulillah terima kasih Indonesia, semuanya untuk doanya. Khususnya untuk pengajar di Fakultas Ilmu Sosial Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia. Terima kasih semua pembimbing dan juga dosen-dosen semua, teman-teman, luar biasa perjalanannya” jelas Rieke Dyah Pitaloka dengan raut bahagia di Balairung UI pada Sabtu, (10/9/2022).

Rieke Dyah mengaku jika perkuliahan ia lakukan secara virtual karena adanya pandemi. Maka dari itu Rieke harus bisa menyesuaikan dengan sistem perkuliahan yang online.

Sementara itu dalam akun Instagram pribadinya, Rieke membagikan kegiatan dirinya saat diwisuda. Nampak Rieke mengenakan jubah wisudawan lengkap dengan toga.

Meski perkuliahan dilakukan secara virtual, Rieke mengaku jika penelitian yang ia ambil dilakukan secara langsung. Rieke mengambil  tiga wilayah sebagai objek penelitian yang berada di tiga provinsi. Adapun di antaranya yakni Desa Sibandang, di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara,  kemudian Desa Muara Gembong, Jawa Barat dan satu Desa Tegal Alang di Gianyar, Bali.

Tonton video selengkapnya di chanel Youtube Grid.ID !

 Baca Juga: Rieke Diah Pitaloka Berharap Riset Penelitian S3 Dirinya Kelak Jadi Dasar Kebijakan Publik

(*)