Find Us On Social Media :

Nikita Mirzani Ajukan Restorative Justice, Dito Mahendra Tolak Berdamai

By Corry Wenas Samosir, Minggu, 30 Oktober 2022 | 10:24 WIB

Nikita Mirzani

Laporan Wartawan Grid.ID, Corry Wenas Samosir

Grid.ID - Nikita Mirzani masih ditahan rumah tahanan Serang, Banten. Kejaksaan Negeri Serang menahan Nikita terkait kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Dito Mahendra.

Sebelum penahanan ini, Nikita sempat menawarkan restorative justice dengan Dito Mahendra.

Akan tetapi pihak Dito menolak restorative justice. Menurut kuasa hukum Dito, Yafet Rissy tidak mungkin ada perdamaian.

"Sekarang sudah tahap penyerahan tersangka dan berkas perkara ke Kejaksaan Negeri Serang, kami berpendapat restorative justice itu sudah merupakan kemustahilan. Artinya tidak mungkin lagi ada proses perdamaian," ujar Yafet Rissy, dalam konferensi pers melalui Zoom Meeting, pada Sabtu (29/10/2022).

Yafet Rissy mengatakan pendekatan restorative justice itu sudah terlambat, sebab saat penyelidikan di Polres Serang Kota, Nikita tak memakai kesempatan tersebut.

"Mengenai restorative justice ini sebetulnya sudah pernah diupayakan ketika masih proses penyidikan di Polres Serang Kota tapi undangan yang dari penyidik untuk melakukan mediasi dalam rangka perdamaian waktu itu kita datangi Polres, tapi Nikita Mirzani tidak hadir tanpa alasan sehingga restorative justice waktu itu tidak terjadi," tutur Yafet.

Semisal Nikita berupaya mengajak restorative justice, menurut Yafet ibu tiga anak ini pun sulit berdamai lantaran status residivis yang diemban oleh Nikita Mirzani menjadi salah satu pemberat dalam syarat formil terciptanya restorative justice.

"Selain itu ada persoalan formil lain yang menyulitkan terjadinya restorative justice yaitu tersaiki bukan seorang residivis," ungkapnya.

Sementara kita tahu Nikita Mirzani pernah dipenjara melakukan tindak pidana. Persyaratan formilinya itu tidak terpenuhi. Jadi restorative justice pada tahap ini adalah sebuah kemustahilan, tidak dapat terjadi," jelasnya.

Baca Juga: Sosok Orang Tua Angkat Nikita Mirzani yang Tak Pernah Terekspos, Penampilannya Sederhana Bak Bumi dan Langit dengan Kehidupan Sang Artis!

(*)