Find Us On Social Media :

Aksi Cepat Bantuan Kemanusiaan Kebun Raya Cibodas untuk Gempa Cianjur

By Grid, Sabtu, 26 November 2022 | 11:17 WIB

Kebun Raya Cibodas galang Bantuan Kemanusiaan untuk gempa Cianjur

Grid.ID - Gempa yang melanda kawasan Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan luka-luka.

Menanggapi hal itu, pihak pengelola Kebun Raya Cibodas ber-reaksi cepat untuk melakukan aksi bantuan kemanusiaan korban gempa bumi di Cianjur, aksi kemanusiaan ini dilakukan di tengah-tengah gempa susulan yang masih terus terjadi.

Lokasi Kebun Raya Cibodas yang berada di area terjadinya gempa ini membuat pihak manajemen Kebun Raya dapat secara taktis & strategis bergerak cepat melakukan misi kemanusiaannya.

“Ketika gempa terjadi, setelah kami selesai identifikasi dampak kerusakan di internal KRC, tanpa berpikir panjang kami langsung melakukan misi kemanusiaan keluar Kebun Raya” ungkap Marga Anggrianto, General Manager Kebun Raya.

Aksi kemanusiaan pertama yang dilakukan pihak Kebun Raya dimulai sejak hari kedua Gempa, Selasa (22/11/2022), dimana Kebun Raya Cibodas mengirimkan bahan baku makanan ke Pemerintah Desa Cimacan, desa setempat agar dapat segera disalurkan secara sistematis ke daerah-daerah yang membutuhkan.

Dan pada hari tersebut juga Kebun Raya Cibodas berkontribusi dalam membangun Dapur Darurat di sebuah tenda pengungsian untuk masyarakat sekitar agar dapat memenuhi kebutuhan pangan-nya selama masa darurat ini.

Baca Juga: Amorphophallus Paeoniifolius Mekar di Kebun Raya Bogor

Pada hari ketiga gempa, Rabu (23/11/2022), Kebun Raya Cibodas kembali melakukan pengiriman bantuan makanan tapi kali ini langsung ke wilayah Cugenang, Kawasan yang paling parah terdampak gempa.

Melalui aksi cepat kemanusiaan ini, bantuan kemanusiaan dari Kebun Raya Cibodas ini termasuk bantuan yang paling awal diterima di daerah yang belum terjamah. Seperti diketahui, Kawasan Cugenang merupakan Kawasan yang terdampak gempa hingga lumpuh total, baik itu akses jalan maupun jalur listrik.

Aksi kemanusiaan ke Cugenang ini diwarnai beberapa kali gempa susulan ketika tim reaksi cepat Kebun Raya dalam perjalanan ke Cugenang.

Lalu pada hari keempat gempa, Kamis (24/11/2022), Kebun Raya Cibodas kembali melakukan aksi kemanusiaan dengan logistik yang lebih memadai, bantuan kembali disalurkan melalui Pemerintah Desa setempat mengingat masih banyak korban gempa yang belum mendapatkan bantuan.

“Aksi cepat yang Kebun Raya lakukan ini dilandasi murni atas kesadaran kemanusiaan kami dan agar keberadaan Kebun Raya Cibodas yang berada di wilayah gempa ini dapat dirasakan manfaatnya secara langsung masyarakat Cianjur, kami harap aksi ini bisa secara cepat menjawab kebutuhan jangka pendek korban gempa dan semoga tragedi ini lekas selesai,” tutup Marga, yang juga merupakan mantan relawan dalam berbagai tragedi kemanusiaan sebelumnya.

Baca Juga: Kebun Raya Bedugul, Rekomendasi Wisata selama KTT G20 di Pulau Bali

(*)