Find Us On Social Media :

Tak Pernah Pesan Makanan Ketika Menginap di Hotel, Ramon Yusuf Tungka Jelaskan Alasannya!

By Rissa Indrasty, Rabu, 22 Februari 2023 | 13:57 WIB

Ramon Yusuf Tungka saat ditemui Grid.ID di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Laporan Wartawan Grid.ID, Rissa Indrasty

Grid.ID - Ramon Yusuf Tungka merupakan salah satu artis yang mulai menerapkan gaya hidup tanpa sampah.

Kerap kali Ramon Yusuf Tungka membawa barang-barang sendiri seperti kain lap agar tak menggunakan tisu, botol minum untuk mengurangi sampah botol plastik, hingga menggunakan plastik bekas belanja dan menggunakannya untuk menyimpan barang-barang.

Bahkan, Ramon Yusuf Tungka mengaku tak pernah memesan makanan di penginapan ketika traveling.

Ramon Yusuf Tungka lebih memilih belanja di luar hotel dengan menggunakan alat makannya sendiri agar mengurangi sampah bekas bungkus makanan.

"Kalau saya lagi nginap di guest house, saya tidak akan breakfast di hotel, saya ke pasar lokal. Dengan saya bawa wadah sendiri, saya selamatkan 1 styrofoam, 1 sendok plastik, berapa orang yang datang ke pasar tersebut apabila menerapkan hal yang sama akan berpengaruh," ungkap Ramon Yusuf Tungka saat ditemui Grid.ID di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2023).

Hal-hal kecil seperti membawa perlengkapan sendiri tersebut merupakan cara untuk menyelamatkan bumi.

"Kalau kita bawa barang sendiri kita menyelamatkan bumi. Banyak hal yang bisa kita terapkan selama perjalanan agar tak menerapkan sampah," ungkap Ramon Yusuf Tungka.

Selain itu, Ramon Yusuf Tungka mengungkapkan bahwa sampah sisa makanan juga berpengaruh sangat besar pada kerusakan bumi.

Oleh karena itu, sampah sisa makanan sebaiknya diolah atau dipisahkan dari sampah yang bukan makanan.

"Pertanyaaan kalau nggak diabisin gimana, sisa makanan itu penyumbang emisi terbesar. Sampah nggak melulu plastik, botol sekali pakai, apa yang kita makan termasuk sampah, hal simple yang saya merasa saya banyak belajar, intinya mau atau tidak mengolah sampah," tutup Ramon Yusuf Tungka.

 Baca Juga: Terapkan Gaya Hidup Tanpa Sampah, Ramon Yusuf Tungka Sering Bawa Lap hingga Benda Ini di Setiap Perjalanannya

 

(*)