Find Us On Social Media :

Tradisi Cucurak Jelang Ramadhan di Kebun Raya Bogor, Sajian Kuliner Khasnya Pasti Bikin Ngiler!

By Grid., Jumat, 17 Maret 2023 | 13:41 WIB

Tradisi Cucurak Jelang Ramadhan di Kebun Raya Bogor, Sajian Kuliner Khasnya Pasti Bikin Ngiler!

Grid.ID - Menyambut Bulan Suci Ramadan, masyarakat biasanya akan berkumpul bersama keluarga atau teman dekat dalam acara khusus yang diisi dengan makan bersama, kebiasaan ini dikenal masyarakat Kota Bogor dengan istilah 'cucurak atau munggahan'.

Masyarakat memaknainya sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT karena dapat kembali berjumpa dengan bulan Ramadhan dangan melakukan berkumpul bersama dengan kegiatan makan bersama pada siang hari sebelum menjalankan ibadah puasa selama satu bulan ke depan.

Kebun Raya Bogor sebagai destinasi wisata favorit bagi masyarakat Kota Bogor selalu menjadi tempat yang dituju masyarakat untuk merayakan cucurak/ munggahan, dengan nuansa alam dan area terbuka yang memberikan udara segar.

Pihak pengelola Kebun Raya Bogor melakukan berbagai persiapan bagi pengunjung yang akan melakukan cucurak/ munggahan di Kebun Raya Bogor, beragam program dan promo menarik bagi masyarakat untuk merayakan cucurak/ munggahan di Kebun Raya.

“Di Kebun Raya Bogor, pengunjung tidak hanya menikmati wisata alam, kami juga menyediakan beragam wisata kuliner. Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan kami memiliki paket kuliner cucurak dengan suasana baru di Kebun Raya Bogor.” Ujar Zaenal Arifin, General Manager Corporate Communication PT Mitra Natura Raya.

“Dengan harga yang terjangkau dimulai dari Rp 65.000/ pax, pengunjung dapat menikmati paket makanan khas cucurak yang lekat dengan nasi, lauk pauk dan sambal dengan kemasan yang menarik dan ramah lingkungan.” Ucapnya.

Zaenal melihat potensi jumlah pengunjung ke Kebun Raya Bogor akan meningkat menjelang bulan Ramadan dibandingkan hari libur biasanya.

"Dengan potensi banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor pada momen cucurak ini, tentunya kami sebagai pengelola mempersiapkan petugas lapangan untuk selalu siaga dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Kebun Raya dengan melakukan kegiatanpatroli setiap jamnya menyisir semua sudut Kebun Raya.” Tutupnya.

Bagi masyarakat yang tertarik dengan paket cucurak di Kebun Raya Bogor dapat menghubungi Visitor Center Kebun Raya Bogor di nomor 0852-1566-8934.

Baca Juga: Botanical Talk, Pemuliaan Tanaman Hias Bersama Kebun Raya Bogor

 (*)