Find Us On Social Media :

Tips Pertolongan Pertama Saat Mudik, Jangan Abaikan Kondisi Kesehatanmu

By Okki Margaretha, Jumat, 21 April 2023 | 07:41 WIB

Tips pertolongan pertama sakit saat mudik lebaran.

Grid.ID – Menjaga kesehatan selama perjalanan mudik menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan.

Apalagi, kondisi tak terduga selama dalam perjalanan bisa saja terjadi.

Tak dipungkiri juga jika tubuh mungkin saja mengalami dehidrasi tanpa disadari, ketika kita mengantre.

Ingat, jangan abai dengan alarm yang diberikan tubuh.

Sebab, momen mudik saat lebaran, seharusnya menjadi hal yang menggembirakan kan, karena akan bertemu dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Sakit saat mudik Lebaran dapat terjadi karena berbagai hal, seperti kelelahan, dehidrasi, atau sakit perut karena makanan yang tidak cocok.

Berikut adalah beberapa pertolongan pertama yang dapat dilakukan jika Anda atau seseorang sakit saat mudik Lebaran:

  1. Istirahat dan minum air putih: Jika Anda merasa lelah atau dehidrasi, segera beristirahat dan minum banyak air putih untuk menghidrasi tubuh Anda.
  2. Hindari makanan yang tidak cocok: Jika Anda sakit perut karena makanan yang tidak cocok, hindari makanan yang sama atau makanan yang bisa memperparah kondisi Anda.
  3. Gunakan obat-obatan: Jika Anda memiliki obat-obatan tertentu untuk kondisi medis tertentu, pastikan untuk membawanya saat mudik dan gunakan sesuai petunjuk dokter.
  4. Berkonsultasi dengan dokter: Jika kondisi Anda semakin buruk atau Anda memiliki gejala yang serius, segera hubungi dokter atau pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.
  5. Jangan mengemudi dalam kondisi sakit: Jika Anda merasa tidak enak badan saat mengemudi, segera berhenti dan istirahat sampai kondisi tubuh Anda membaik.

Baca Juga: Beri Manfaat bagi Pekerja, Wamenake Apresiasi Program Mudik Gratis dari Perusahaan

Perlu diingat bahwa kesehatan dan keselamatan kamu selalu menjadi prioritas utama, terutama saat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Pastikan untuk membawa obat-obatan dan perlengkapan pertolongan pertama yang diperlukan dan berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi selama perjalanan. (*)

Disclamer: Sebagian artikel ini dibuat dengan Open AI Chat GPT