Find Us On Social Media :

Menaker Lantik 11 Anggota IKAPERJASI Periode 2021 - 2024

By Fathia Yasmine, Rabu, 21 Juni 2023 | 18:06 WIB

Menaker Lantik Pengurus IKAPERJASI Periode 2021 - 2024

Grid.ID -  Sebagai negara dengan populasi yang besar dan pertumbuhan ekonomi yang pesat, Indonesia  memiliki tantangan besar dalam mengelola tenaga kerja.
 
Menyadari hal tersebut, Menteri Ketenagakerjaan (Kemenaker) Ida Fauziyah melantik pengurus dewan pengawas dan dewan pengurus pusat (DPP) Ikatan Pengantar Kerja Seluruh Indonesia (IKAPERJASI) untuk periode 2021-2024 pada Selasa (20/6/2023).

IKAPERJASI merupakan wadah organisasi profesi yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan para pejabat fungsional pengantar kerja.

Para pejabat fungsional ini memiliki peran penting dalam menyusun kode etik dan kode perilaku profesi, memberikan advokasi, serta memeriksa dan memberikan rekomendasi terkait pelanggaran kode etik dan kode perilaku profesi.

Pelantikan tersebut menandai komitmen pemerintah dalam memperkuat peran dan pengaruh IKAPERJASI dalam pengembangan sektor ketenagakerjaan di Indonesia.

Ida Fauziyah, dalam pidatonya, menekankan pentingnya tanggung jawab organisasi yang diemban oleh para anggota IKAPERJASI. Ia berharap para pengurus yang baru dilantik akan menjalankan tugas mereka dengan dedikasi, integritas, dan keikhlasan.

Baca Juga: Gelar Raker 2023, Itjen Kemenaker Tegaskan untuk Tingkatkan Integritas

"Saya berharap, semua yang terlibat dalam kepengurusan pusat, berkomitmen untuk menjalankan organisasi profesi IKAPERJASI ini dengan ikhlas dan tulus, serta penuh tanggungjawab,"  kata Ida melalui rilis resmi, Rabu (21/6/2023).

Tak hanya itu, Ida juga menyoroti pentingnya menjalin hubungan kerja yang harmonis antara IKAPERJASI dengan instansi pembina dan lembaga lainnya.

Kerjasama yang baik dan sinergi antar lembaga merupakan kunci dalam mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja Indonesia dan menciptakan lingkungan kerja yang adil dan beretika.

"Saya harap, pengurus IKAPERJASI benar-benar meningkatkan hubungan kerja yang harmonis selaras dengan instansi pembina yang lain, " katanya.

Dalam konteks ini, Ida juga turut memberikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Ditjen Binapenta) dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Apresiasi ini diberikan karena keduanya telah banyak membantu dalam pembentukan IKAPERJASI.

Baca Juga: Menaker Lepas Keberangkatan Perdana Perawat Pekerja Migran ke Singapura

"Peran Ditjen Binapenta dan PKK sangatlah penting dalam memfasilitasi penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) terkait perubahan susunan Dewan Pengawas dan DPP IKAPERJASI," ungkapnya.

Selain acara pelantikan, Ida juga meresmikan edisi perdana majalah SENTA (Seputar Binapenta dan PKK) tahun 2023 dengan tema Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Majalah ini diharapkan menjadi saluran komunikasi yang efektif bagi para pengantar kerja di seluruh Indonesia untuk berbagi aspirasi. 

"Dengan dirilisnya majalah SENTA, media ini diharapkan mampu menjadi ruang untuk menuangkan berbagai aspirasi, ide, dan ekspresi para pengantar kerja di pusat maupun daerah,"  ujarnya.
 
Berikut susunan pengurus IKAPERJASI periode 2021-2024.
 
2. Ketua I: Timbul Tua Panggabean