Find Us On Social Media :

Gelar Raker 2023, Itjen Kemenaker Tegaskan untuk Tingkatkan Integritas

By Fathia Yasmine, Rabu, 21 Juni 2023 | 15:41 WIB

Inspektur Jenderal Kemenaker Estiarty Haryani mengatakan bahwa integritas merupakan hal yang harus diutamakan.

Grid.ID – Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar Rapat Kerja (Raker) 2023 di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada 20-23 Juni 2023.

Raker diselenggarakan sebagai agenda tahunan untuk meningkatkan koordinasi, kolaborasi, serta sinergi yang efektif dan efisien.

Pada kesempatan tersebut, Inspektur Jenderal Kemenaker Estiarty Haryani mengatakan bahwa integritas merupakan hal yang harus diutamakan.

“Ini karena integritas merepresentasikan kejujuran dan pengendalian internal yang menjadi upaya pencegahan korupsi,” ujar Estiarty menurut keterangan tertulis yang diterima Grid.ID, Rabu (21/6/2023).

Melalui kata sambutannya, ia juga menjelaskan bahwa pada Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022, Kemenaker memperoleh indeks integritas dengan angka 76,64. Sementara itu, skor integritas Kemenaker berada di atas rata-rata nasional, yakni 71,94.

Baca Juga: Kemenaker: Dialog Sosial di Indonesia Selalu Kedepankan Asas Kekeluargaan

Ia juga menjelaskan bahwa Itjen Kemenaker memiliki peran dalam peningkatan pengawasan internal yang bisa membuat Kemenaker kembali meraih status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Peran tersebut antara lain, melakukan kegiatan penjaminan (assurance) serta memberikan konsultasi, nasihat, dan saran kepada para mitra melalui kegiatan konsultasi yang independen dan obyektif.

"Dengan demikian, insan-insan auditor di Itjen Kemnaker harus profesional, mengerti semua masalah, serta paham akan kondisi dan aturan," katanya. Estiarty menambahkan, Raker 2023 diharapkan dapat menjadi acuan bagi Itjen Kemenaker dalam melaksanakan kegiatan pada 2024.

"Raker ini sebagai media internalisasi, ruang komunikasi untuk meningkatkan kapasitas, serta media apresiasi," tutupnya.