Find Us On Social Media :

Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan Jadi Upaya Kesejahteraan Papua

By Fathia Yasmine, Senin, 26 Juni 2023 | 17:11 WIB

Grid.id - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menggelar program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di Teluk Bintuni, Papua Barat, dan Mimika, Papua Tengah.

Program ini bertujuan untuk mendukung percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua dan pengentasan kemiskinan ekstrim.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan Caswiyono Rusydie CW menjelaskan bahwa program ini merupakan inisiatif Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah untuk mengatasi pengangguran dan kemiskinan di wilayah Papua dengan memanfaatkan potensi lokal.

"Menaker menilai, Papua memiliki banyak potensi alam yang dapat menjadi modal ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Adapun program ini sudah berjalan sejak 2021," ungkap Caswiyono melalui rilis resmi, Senin (26/6/2023).

Untuk mewujudkan program ini, Kemenaker menggelar agenda Rembuk Lokal Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di Teluk Bintuni, Jumat (23/6/2023).

Baca Juga: Kesejahteraan 100 Pekerja Migran yang Dilepas ke Arab Saudi Dijamin oleh SPSK

Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak seperti, Pemerintah Provinsi Papua Barat, Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni, akademisi, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta, serta organisasi masyarakat.

Dari kegiatan tersebut, terdapat sejumlah kesepakatan yang dicapai. Berikut daftarnya.:

  1. Melanjutkan program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan di Kabupaten Teluk Bintuni yang telah berjalan dan memberikan hasil awal yang positif.
  2. Melanjutkan kerja sama, koordinasi, dan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, perguruan tinggi, dan lembaga lainnya.
  3. Membangun rantai pasok yang sistematis dan bertahap untuk produk-produk lokal seperti buah merah, produk laut, pakan ternak, dan produk lainnya.
  4. Menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang relevan dengan kebutuhan usaha di kawasan tersebut.
  5. Mengawal secara terpadu program Perluasan Kesempatan Kerja Berbasis Kawasan dari Kementerian Ketenagakerjaan, Program Perhutanan Sosial dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.
  6. Melibatkan kelompok dan warga masyarakat dalam pengawalan dan pelaksanaan program.
  7. Menyusun rencana strategis pengembangan kawasan secara partisipatif dan melibatkan seluruh stakeholder.

"Dengan melibatkan berbagai pihak dan memanfaatkan potensi lokal, diharapkan program ini dapat memberikan peluang kerja yang lebih baik bagi masyarakat serta mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Papua," pungkasnya.