Find Us On Social Media :

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Serah Terima Gedung Puskesmas Pacet

By Grid., Jumat, 15 September 2023 | 12:35 WIB

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur Serah Terima Gedung Puskesmas Pacet

Grid.ID -Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) berpartisipasi dalam rehabilitasi bangunan Puskesmas Pacet, Kabupaten Cianjur ​​yang mengalami kerusakan.

Rehabilitasi Puskesmas yang akan diserahterimakan tersebut merupakan hasil donasi pembaca Harian Kompas.

Pengelolaan donasi pembaca Harian Kompas ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur. Rehabilitasi bangunan Puskesmas Pacet berlangsung dari tanggal 27 Juni - 5 September 2023 yang membutuhkan waktu selama 4 bulan. Rehabilitasi bangunan Puskesmas ini senilai Rp699.300.000,-, terdiri dari bangunan pelayanan, bangunan administrasi, bangunan poned, hingga bangunan mushola yang dibantu oleh kontraktor PT. Kharisma Bina Sarana. Kegiatan serah terima bangunan Puskesmas Pacet oleh YDKK kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur secara simbolis dengan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikannya gedung UPTD Puskesmas Pacet yang berlokasi di Jl. Wijaya Kusuma, Cipendawa, Pacet, Cianjur, Jawa Barat.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan YDKK yaitu Manajer Eksekutif Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Anung Wendyartaka, Koordinator Rehabilitasi dan Rekonstruksi Agus Riyanto, Anggota Rehabilitasi dan Rekonstruksi Zaenal Abidin, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur yaitu Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr. Yusman Faisal, perwakilan Kecamatan Pacet yaitu Sekretaris Camat Tonny Yuspardi, S.Sos., M.Si.Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur dr. Yusman Faisal mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh YDKK, “Terima kasih kepada YDKK atas seluruh dedikasinya yg sudah menjembatani kami untuk melayani masyarakat dalam bidang kesehatan dengan dibangunnya puskesmas Pacet. Hal ini merupakan anugrah bagi kami terutama masyarakat di Kecamatan Pacet tentunya. Saat ini, bangunan Puskesmas Pacet menjadi lebih bagus dan menjadi bangunan Puskesmas yang paling baik.”

Baca Juga: Definisi Pacaran Setelah Menikah, Momen Pratama Arham Senggol Lengan Azizah Salsha Sambil Senyum-senyum Bikin Netizen Baper!

Rehabilitasi Puskesmas Pacet merupakan salah satu bentuk bantuan dari donasi pembaca Harian Kompas melalui YDKK dalam tanggap bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur pada 21 November 2022, dan berhasil terkumpul bantuan sebesar 2,9 M dari Dompet Donasi masyarakat dan menggunakan sebesar 300 juta untuk penanggulangan tanggap darurat. Manajer Eksekutif Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Anung Wendyartaka mengatakan, “Puskesmas Pacet dipilih untuk direhabilitasi YDKK karena kami mendapat info dari Dinas Kesehatan Cianjur, Puskesmas Pacet tidak mendapat prioritas untuk direhabilitasi oleh pemerintah. Hal ini karena kerusakan akibat gempa tidak masuk kategori rusak parah. Namun, dari peninjauan kami langsung di lapangan ternyata kerusakan yang ada sangat layak untuk direhabilitasi, karena sudah cukup mengganggu operasional Puskesmas yang muaranya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat menjadi tidak optimal.” Selain gedung Puskesmas Pacet, YDKK juga melakukan pembangunan PKBM Yayasan Sarbini yang masih dalam proses.

Pendidikan dan kesehatan merupakan dua hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan dasar individu dan komunitas demi masa depan yang lebih baik. Manajer Eksekutif Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Anung Wendyartaka juga berharap dengan rehabilitasi yang dilakukan YDKK, pelayanan kesehatan masyarakat oleh Puskesmas Pacet akan kembali normal bahkan bisa lebih baik dari sebelumya.

(*)