Find Us On Social Media :

Monster, Film Favorit Barack Obama Tahun 2023, Ternyata Begini Kisahnya

By Nira Emily, Rabu, 3 Januari 2024 | 05:27 WIB

Film Monster

Grid.ID - Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, menilai film Jepang berjudul Monster sebagai  film favorit tahun 2023.

Film bergenre drama karya Hirokazu Kore-eda ini menyuguhkan peristiwa dari sudut pandang seorang ibu tunggal yang memiliki putra, serta gurunya.

Hirokazu Kore-eda bertindak sebagai dan skenario yang ditulis oleh Yuji Sakamoto, film Monster dibuka saat Minato (Soya Kurokawa), seorang remaja praremaja yang sensitif, mulai duduk di bangku kelas lima. Ibu tunggalnya, Saori (Sakura Ando), semakin khawatir saat Minato pulang dalam keadaan tertekan dan terluka.

Dia segera menyalahkan gurunya, Hori (Eita Nagayama), yang dipecat atas tuduhan tersebut.

Monster, dengan struktur triptychnya, pada awalnya terasa lebih skematis daripada karya-karya Kore-eda sebelumnya. Namun, ada sesuatu yang mendalam ketika mengawinkan bentuk skenario yang berlapis ini dengan kepekaan Kore-eda dan naturalisme yang sederhana.

Segmen pertama film ini mengacu pada fiksi ilmiah, Dimana Minato bersikeras bahwa otaknya telah diganti dengan otak babi. Segmen kedua dengan mulus berputar menjadi sesuatu yang Kafkaesque (situasi ketika seseorang harus merasakan kerumitan yang sebenarnya tidak perlu dan menjengkelkan). Segmen penutup, Minato menggali kebenaran esensial cerita tersebut melalui sudut pandangnya.

Seperti yang disampaikan mantan Presiden USA Barack Obama, melalui akun twitter resminya, film Monster adalah salah satu film terbaik tahun ini, dan strukturnya seperti lingkaran karakternya membawa rahasia yang hanya dapat diungkap melalui kesabaran dan empati.

Baca Juga: Tiko Aryawardhana Curhat Perubahan Hidup, Ngaku Tak Bisa Tenang Usai Nikahi BCL, Ini Pemicunya: Lumayan Aneh

Dengan kata lain, sangat mudah untuk menyebut seseorang sebagai monster sebelum anda melakukan hal yang berlumpur di posisi mereka.

Di Indonesia, film Monster akan hadir di bioskop mulai tanggal 3 Januari 2024