Find Us On Social Media :

Momen Mengerikan di Kabin Japan Airlines yang Terbakar, Kabut Gelap Selimuti Rintihan Penumpang Minta Tolong

By Winda Lola Pramuditta, Rabu, 3 Januari 2024 | 11:31 WIB

Kolase foto Japan Airlines yang mengalami kecelakaan pada Selasa (2/1/2024)

Grid.ID - Sebanyak 379 penumpang pesawat Japan Airlines berhasil menyelamatkan diri dari kecelakaan pesawat.

Pada Selasa sore (2/1/2024), pesawat Japan Airlines yang mendarat di Bandara Haneda, Tokyo, dilaporkan telah menabrak pesawat penjaga pantai.

Ratusan penumpang dalam pesawat komersil itu berhasil lolos dari kobaran api saat pesawat terbakar.

Dikutip dari JapanToday, beberapa penumpang yang berhasil dievakuasi menceritakan detik-detik momen mengerikan di dalam pesawat selama insiden berlangsung.“Ayo kita pergi sekarang!” teriak seorang anak dari kabin jet, di mana asap dan panas menyebar dengan cepat.

Kecelakaan terjadi sesaat sebelum jam 6 sore.

Penumpang melarikan diri dari pesawat menggunakan perosotan evakuasi.“Saya merasakan ada benturan, seperti pesawat bertabrakan dengan sesuatu saat mendarat. Saya melihat percikan api di luar jendela dan kabin dipenuhi gas dan asap,” kata seorang perempuan berusia 35 tahun yang duduk di kursi dekat jendela saat mendarat.“Kami diinstruksikan untuk membungkuk dan menutup mulut dan hidung. Bahkan setelah (pesawat) mulai terbakar, kami tidak dapat segera keluar dari pesawat, dan saya merasa perlu waktu lebih dari lima menit sebelum kami dapat melarikan diri,” ujarnya. Setelah dia sampai di tempat aman, suaranya terkadang bergetar.Api melalap pesawat jet Airbus A350, yang baru saja mendarat di bandara Haneda dari Sapporo di Jepang utara.

Baca Juga: Perselingkuhan Suami Pilot Disorot, Ira Nandha yang Sempat Jadi Pramugari Justru Kenal dengan Elmer Bukan di Pesawat Tapi Lewat Ini

Sebanyak 379 penumpang di dalam penerbangan komersial tersebut selamat tanpa cedera yang mengancam nyawa, sementara lima dari enam anggota penjaga pantai di dalam pesawat lainnya tewas.“Saya pikir ini akan berbahaya” karena asap terus bertambah parah setelah kebakaran terjadi, kata seorang pria berusia 33 tahun yang berada di dalam pesawat bersama istri dan putrinya yang berusia 2 tahun.Dengan pengumuman dalam penerbangan yang meminta penumpang untuk tetap tenang, pria tersebut, yang sangat ingin melindungi putrinya, mendekatkan kepalanya ke lantai agar dia tidak menghirup asap, dan pasangan tersebut saling menyemangati dengan mengatakan, "Semuanya akan baik-baik saja."“Kami lega masih hidup,” katanya.Istrinya yang berusia 29 tahun mengatakan semua orang panik saat melihat kobaran api.

"Asapnya sangat buruk sehingga kami hanya bisa melihat kaki kami setelah pramugari menyorotkan lampu. Beberapa di antara mereka mengalami kesulitan bernapas," katanya, seraya menambahkan bahwa anak-anak lain pun ikut panik, menangis dan menjerit.Nyala api yang awalnya terlihat di bagian belakang kabin pesawat menyebar dengan cepat dan melalap seluruh pesawat.

Api keluar dari jendela dan pintu, dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di tengah suara sirene.Pesawat terbakar dalam waktu satu jam.“Suasana di dalam kabin semakin panas dan saya pikir saya tidak dapat bertahan hidup,” kata seorang dokter gigi berusia 40-an.

Setelah melarikan diri, dia dan penumpang lain saling berseru bahwa beruntung nyawa mereka terselamatkan.

(*)