Find Us On Social Media :

K-Popers Wajib Tahu! Korea Selatan Akan Luncurkan Visa Khusus Untuk Penggemar Budaya Korea

By Christine Tesalonika, Jumat, 12 Januari 2024 | 14:14 WIB

Ilustrasi konser

Grid.ID - Pencinta budaya Korea sepertinya harus tau informasi penting yang satu ini deh.

Apa sih informasinya?

Seperti diketahui, popularitas budaya K-pop melalui musik, film, dan media artistik lainnya memang sangat menjamur di berbagai negara lainnya.

K-pop pun menjadi alasan mengapa banyak orang ingin mengunjungi negeri gingseng tersebut.

Berkenaan dengan hal tersebut, jadi pemerintah Korea Selatan telah mengumumkan bahwa pihaknya akan meluncurkan visa baru khusus untuk peminat budaya Korea Selatan.

Dilansir dari Kompas.com pada Kamis (11/1/2024), Visa Hallyu atau yang disebut juga sebagai Visa Pelatihan K-Culture, akan memungkinkan warga non-Korea untuk mendaftarkan diri di akademi seni pertunjukan lokal dan bisa tinggal di negara tersebut hingga dua tahun.

Tak hanya itu, Korea Selatan juga meluncurkan 'K Tourism Road Show' di berbagai negara seperti Amerika Serikat dan Swedia pada tahun ini.

Hingga saat ini persyaratan khusus untuk visa K-culture belum diungkapkan.

Namun untuk rincian detailnya akan tersedia pada paruh kedua tahun 2024.

Baca Juga: Stray Kids Bawa Pulang Piala Global K-Pop Artist di GDA 2024, Bang Chan: Semua Ini Berkat Stay

Selain visa K-culture, Korea Selatan juga mengumumkan akan segera menggunakan visa digital nomad dengan visa terpisah yang ditujukan untuk pekerja jarak jauh.

Visa yang diluncurkan pada 1 Januari 2024 ini tentu saja memungkinkan pekerja jarak jauh yang berpenghasilan setidaknya 66.000 dolar AS atau sekitar Rp 1,02 miliar per tahun untuk tinggal hingga dua tahun lamanya.

 

(*)