Find Us On Social Media :

Jadwal Rekrutmen dan Seleksi CPNS 2018 dari KemenPAN RB Resmi Dirilis, Simak Ya!

By None, Kamis, 17 Mei 2018 | 17:58 WIB

Jadwal rekrutmen dan seleksi CPNS 2018

Grid.ID - Jadwal rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 akhirnya dirilis oleh Menpan RB.Akhir Mei ini merupakan jadwal penetapan formasi, sementara pendaftaran online dimulai pada bulan Juni.Lebih jelasnya, jadwal pelaksanaan seleksi Juli sampai September, pengumuman kelulusan akhir Agustus sampai September, dan terakhir pemberkasan Oktober.

(BACA JUGA: Alami Stroke Ringan, Gatot Brajamusti Tak Dapat Hadiri Sidang)Kepala BKD Kalsel, Perkasa Alam mengatakan informasi tersebut baru dikabarkan Menpan RB dalam minggu ini."Baru saja dirilis oleh Menpan RB," ujarnya, Kamis (17/05/2018) kepada Banjarmasinpost.co.id seperti dilansir Grid.ID.

Di lingkungan Pemprov Kalsel sendiri sudah diusulkan 874 formasi antara lain yang paling banyak adalah guru, tenaga kesehatan, dan infrastruktur pembangunan, sisanya adalah lulusan ekonomi dan lain-lain.

Pihak Perkasa juga menyebutkan sudah meminta Kemenpan RB agar bisa menerima usulan tersebut.Sebelumnya sudah ada kabar yang beredar bahwa paling lambat bulan Juni, Pemprov Kalsel akan mengeluarkan formasi ini, tapi langsung disanggah oleh Perkasa.Namun ungkapnya, pada Selasa (08/05/2018) dirinya baru saja mendapatkan informasi dari Kemenpan RB bahwa pengumuman formasi akan disampaikan setelah Pilkada serentak 27 Juni nanti.Jika diumumkan setelah pilkada serentak maka minimal pengumuman akan dilakukan pada akhir Juni."Informasi terakhir yang kita dapatkan itu, artinya jangan percaya jika ada informasi bahwa CPNS sudah dibuka atau sudah ada oknum yang menawarkan berbagai lowongan bisa lolos CPNS karena formasi yang sudah disetujui sendiri kita belum terima," jelasnya.Namun ia berharap di akhir Mei ini pengumuman formasi bisa dikeluarkan oleh KemenPAN RB tanpa menunggu setelah Pilkada.

Tapi ada alasannya mengapa penerimaan itu ditunda hingga selesainya Pilkada.

Salah satunya yaitu demi menghindari munculnya persepsi yang mengaitkan penerimaan tersebut dengan berlangsungnya Pilkada.

(BACA JUGA: Hati-hati! 3 Makanan Ini Berbahaya Kalau Dikonsumsi Buah Hati Secara Berlebihan)

Ada juga kabar berhembus dari KemenPAN RB terkait penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Kalsel, yaitu usulan formasi yang sebanyak 874 yang diusulkan oleh Pemprov Kalsel hanya diterima sekitar 20 persen saja.

Perkasa berharap agar usulan Pemprov Kalsel sebanyak 874 itu bisa tidak dikurangi terlalu banyak, seperti permintaannya.Selain itu ia berharap agar formasi umum juga turut diperhatikan tak hanya tiga fokus utama pemerintah yaitu pendidikan, kesehatan, dan teknik infrastruktur pembangunan.

Ini adalah rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 gelombang ketiga.

Sekitar 200 ribu CPNS akan diterima pada gelombang ketiga ini dan formasinya akan ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Mei 2018 ini. (*)