Find Us On Social Media :

Senang Berhijab, Tapi Soal Cadar Ini Kata Kartika Putri

By None, Minggu, 20 Mei 2018 | 07:37 WIB

Kartika Putri saat Grid.ID temui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).

Grid.ID - Presenter dan juga bintang film Kartika Putri (27) mengaku senang menggunakan niqab atau cadar, dalam penampilan barunya yang saat ini lebih tertutup.

Wanita yang kerap disapa Karput itu mengatakan, ia suka mengenakan cadar ketika pergi ke suatu tempat jika memang dibutuhkan.

"Makanya masyaallah fungsinya sebenarnya untuk menjaga kita. Kayak aku gini kalau pakai cadar atau niqab itu adalah biar aku lebih nyaman, kalau misal lagi ibadah biar aku lebih fokus, atau seandainya aku ke tempat umum biar aku lebih tenang lebih nyaman. Jadi manfaatnya luar biasa banyak sekali," kata Kartika Putri ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (18/5/2018).

Namun, Karput reaksinya berubah ketika ditanyakan seputar wanita berhijab dan mengenakan cadar, menjadi hal yang harus dipinggirkan dalam kehidupan masyarakat, terlebih usai kejadian aksi teror bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur.

Karput menyayangkan adanya desas desus mengenai perubahan UU Anti Terorisme, yang membuat para perempuan muslimah bercadar menjadi diasingkan.

Pertahankan Tradisi Jawa, Kahiyang Ayu Salut Kepada Vicky Shu

"Saya sangat menyayangkan apalagi sekarang saya dengar, akan ada undang-undang baru yang menyeramkan untuk saya dan mungkin teman-teman Muslimah lainnya. Bahwa kalau seandainya pakai niqab atau cadar bisa dibawa tanpa penyidikan, bisa diasingkan selama enam bulan lebih," ucapnya.

Jika memang dalam perubahan UU tentang Terorisme, cadar menjadi bertolak belakang dengan UU, maka Karput merasa terganggu.

"Itu rasanya buat aku mengganggu hak asasi manusia karena kan hak asasi manusia untuk berpakaian seperti apa pun. Buktinya toh yang pakai bikini di jalan aja kita enggak gangguin karena dia punya hak asasi sendiri, apalagi buat kami yang menutup masa dipersulit," jelasnya.

Kendati demikian, Karput berharap kepada pemerintah untuk mencari jalan keluar yang tidak mengganggu hak asasi bagi perempuan muslimah, yang memang sudah nyaman mengenakan hijab.

"Jadi buat aku sayang sih kalau terlalu mengintimidasi saudara-saudara kita, apalagi yang sudah pakai niqab (cadar) dari lama. Rasanya malu sekali kalau dia harus membuka. Jadi ya jangan rebut hak asasi manusia karena semuanya warga negara Indonesia," ujar Kartika Putri. (Wartakotalive.com/Arie Puji Waluyo)

Tak Bisa Hadir di Pernikahan Anaknya, Ungkapan Ayah Meghan Markle Bikin Haru

Artikel ini sudah tayang di Wartakotalive dengan judul Kartika Putri Lebih Nyaman Pakai Jilbab