Find Us On Social Media :

Lokasi Selfie Keren di Jogja-Solo, 5 Candi Ini Menu Wajib Dikunjungi

By Novita Desy Prasetyowati, Senin, 2 Juli 2018 | 20:15 WIB

Candi Prambanan

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Asrinya alam di Jogja dan Solo, membuat dua kota di Jawa Tengah itu jadi target buat traveling.Selain keindahan alam, 2 kota itu juga menyuguhkan bangunan-bangunan kuno peninggalan jaman kerajaan Hindu-Budha.Feed insstagram jadi lebih berwana loh, dengan hasil jepretan berlatar belakang candi.Nggak percaya? Coba deh kunjungi 5 candi ini dan lakukan selfie.

(BACA JUGA : Bukan Kate Middleton, Tapi Meghan Markle yang Jadi Inspirasi Berbusana Putri Beatrice)1. Candi SambisariCandi sambisari merupakan candi yang terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY.Candi Sambisari adalah salah satu warisan dari agama Hindu yang dibangun di sekitar abad ke-10.Candi ini terletak 10 km dari kota Yogyakarta dan sekitar 5 km barat candi Prambanan.Candi ini terletak 6,5 meter di bawah tanah, sehingga sering disebut kuil bawah tanah karena hampir terkubur material vulkanik gunung Merapi.Candi induk dan tiga buah candi kecil di sekitarnya, hamparan rumput yang luas, serta dinding kokoh akan bisa kamu lihat di sana.2. Candi Kalasan atau Candi Tara Candi Kalasan adalah candi peninggalan agama Budha tertua di Jawa Tengah.Lokasi candi ini masih cukup dekat dengan candi Prambanan, yaitu sekitar 2 km sebelah barat Candi Prambanan.Candi Kalasan terletak di Desa Kalibening, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, DIY. Candi Kalasan diperkirakan dibangun pada tahun 777 atau 778 Masehi.Candi ini dibangun untuk ditujukan pada Bodhisattvadevi yang juga dikenal sebagai Dewi Tara, sehingga juga dikenal dengan nama Candi Tara.

(BACA JUGA : Mesin Motor Tiba-Tiba Koit, 5 Hal Ini Penting Buat Dicek Duluan)3. Candi Ratu Boko Candi Ratu Boko terletak 3 km di sebelah selatan candi Prambanan.Ratu Boko sebenarnya bukan sebuah candi melainkan situs reruntuhan dari keraton Ratu Boko (ayah Roro Jonggrang).Candi Ratu Boko dibangun pada abad ke-8 yang merupakan peninggalan hinduisme dan buddhisme.4. Candi Prambanan Candi Prambanan, siapa yang tidak mengenal candi yang satu ini.Candi Prambanan merupakan candi peninggalan agama Hindu terbesar di Indonesia.Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke-9. Candi Prambanan memiliki sejuta informasi sejarah terutama terkait cerita cinta Rama dan Shinta.Lokasi Candi Prambanan sangat strategis, yakni tepat di tepi jalan Solo-Jogja.Candi Prambanan sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.5. Candi IjoCandi Ijo merupakan candi yang terletak di sebelah selatan kompleks candi Ratu Boko.Candi Ijo terletak disebuah bukit yang dikenal dengan nama bukit hijau (dalam bahasa Jawa disebut Gumuk Ijo).Candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9, dan tergolong candi peninggalan budaya Hindu.Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambisari, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.Di Candi Ijo terdapat 4 buah candi, yakni satu buah candi induk dan tiga buah candi yang berukuran lebih kecil.(*)