Find Us On Social Media :

Jokowi Serasa di Negeri Kincir Angin Saat Resmikan PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan

By Seto Ajinugroho, Selasa, 3 Juli 2018 | 06:30 WIB

Jokowi saat resmikan PLTB Sidrap

Grid.ID - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) merasa kagum dan takjub ketikan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7).

Jokowi berujar ia serasa di Eropa, tepatnya di Negeri Kincir Angin Belanda saat melihat Wind Turbin Generator (WTG) di PLTB tersebut.

"Saya kok serasa di Belanda, kayak di Eropa, tapi kita di Sidrap," ujar Jokowi saat sambutan di peresmian PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan seperti dikutip dari Tribunnews.

Jokowi juga merasa bahagia melihat PLTB yang terletak di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidrap ini resmi beroperasi.

BACA : Cekcok Dengan Luhut Binsar di Posko SAR Danau Toba, Ratna Sarumpaet :

Pembangkit tenaga angin tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

"Saya bahagia sekali sore ini. PLTB Sidrap ini saya lihat baling-balingnya muter semua, artinya angin lebih dari cukup," kata Jokowi.

PLTB Sidrap mempunyai 30 buah Wind Turbin Generator.

BACA : AS Sampai Siagakan Angkatan Lautnya Saat Indonesia Lancarkan Operasi Militer Skala Besar Tumpas Pemberontak

30 Kincir Angin tersebut diharapkan mampu menghasilkan listrik sebesar 75 megawatt dan diproyeksikan mampu mengaliri listrik kepada 70 ribu pelanggan wilayah Sulsel dengan daya listrik rata-rata 900 volt Ampere.

Pembangkit ini menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekitar 40 persen dan menyerap sekitar 1150 tenaga kerja.

BACA : 5 Fakta Nining, Wanita yang Sempat Dinyatakan Tewas Ditelan Ombak Namun Setahun Lebih Kemudian Ia Ditemukan Masih Hidup

Di lahan seluas 100 hektar, telah terpasang 30 turbin yang memiliki ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter.(*)