Find Us On Social Media :

Harga BBM Nonsubsidi Naik, Coba 5 Hal Jitu Ini Buat Siasatinya

By Novita Desy Prasetyowati, Selasa, 3 Juli 2018 | 11:49 WIB

BBM Nonsubsidi naik harga

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Pertanggal 1 Juli 2018 ini pemerintah resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi.BBM nonsubsidi yang dimaksud adalah BBM jenis pertamax dan dexlite.Angka kenaikan Rp. 800,- untuk pertamax dan Rp.1000,- untuk jenis dexlite ini cukup membuat masyarakat kelabakan.Oleh karena itu, menghemat BBM menjadi salah satu solusi ditengah kenaikan BBM ini.1. Periksa Tekanan BanTekanan udara dalam ban mempengaruhi konsumsi BBM pada kendaraan.Bukan tekanan ban yang menyebabkan bensin cepat habis, tetapi karena tekanan ban yang tidak sesuai menyebabkan laju kendaraan menjadi lebih lama.Hal inilah yang menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih banyak.

(BACA JUGA : Mulan Jameela Tampil Glamor Bak Putri Kerajaan, Gaya Hijabnya Justru Tuai Kritikan dari Netizen)2. Periksa Mesin KendaraanMesin kendaraan adalah hal utama untuk menjalankan kendaraan.Keadaan mesin motor yang kotor atau berkarat dapat mempengaruhi jumlah konsumsi BBM menjadi lebih banyak.Hal ini dikarenakan udara yang masuk untuk mendorong BBM ke mesin juga menjadi terhambat.Udara yang lancar sangat diperlukan kendaraan agar kendaraan berjalan dengan lancar, tidak tersendat-sendat.Selain itu, menghemat BBM pada kendaraan dapat dilakukan dengan cara menyeting ulang PJ/MJ atau spuyer agar konsumsi BBM menjadi lebih sesuai.3. Kurangi KecepatanSudah menjadi rahasia umum, kalau melajukan kendaraan dengan kencang berarti BBM menjadi lebih boros.Ya ini karena saat berkendara dengan kencang, kita akan lebih sering menggunakan rem dan gas dengan mendadak.Biasanya setelah mengerem mendadak, tarikan motor akan menjadi berat dan laju motor menjadi lebih lambat.Hal inilah yang menyebabkan BBM menjadi lebih cepat habis.

(BACA JUGA : Dikabarkan Hilang Terseret Ombak, Hasil Pemeriksaan Dokter Terhadap Nining Tak Temukan Luka Bekas Tenggelam)4. Strategi Pengisian BensinBelum banyak yang tahu, ternyata waktu yang kita pilih untuk membeli bensin dapat memengaruhi volume bensin yang kita beli.Pada kenyatannya, membeli bensi di siang hari dapat menyebabkan bensin yang kita beli menjadi lebih sedikit.Hal ini dikarenakan, pada siang hari suhu tanah naik (panas) sehingga bensin yang diisikan menjadi cepat menguap. Sedangkan pengisian bensin di malam hari atau saat suhu tanah dingin, membuat volume bensin yang terisi ke tangki lebih sesuai dengan yang kita beli.Selain itu, sebaiknya mengisi bensin saat tangki masih terisi setengah.Karena jika mengisi bensin saat tangki hampir kosong, itu berarti keberadaan udara dalam tangki lebih banyak, sehingga membuat BBM menjadi lebih terbakar.5. Kurangi Beban KendaraanTernyata performa kendaraan sangat dipengaruhi oleh beban kendaraan itu sendiri.Semakin berat beban kendaraan, maka performa atau laju kendaraan menjadi lebih lambat.Laju kendaraan yang lambat itulah yang menyebabkan kendaraan menjadi lebih boros bensin. (*)