Find Us On Social Media :

10 Jajan Pasar Warna-Warni, Daya Tarik Tersendiri Loh Bagi Turis Asing

By Novita Desy Prasetyowati, Selasa, 10 Juli 2018 | 18:56 WIB

Jajan pasar warna-warni

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Disebut jajanan pasar, karena awalnya ada di pasar-pasar tradisional dan biasanya dijajakan waktu pagi.Tapi sekarang ada juga supermarket yang jualan jajan pasar juga.Jajanan pasar merupakan jenis makanan ringan yang khas dari Indonesia.Banyak sekali jenis jajanan pasar mulai dari yang bercita rasa manis hingga gurih.Tapi tahu tidak, jajanan pasar yang warna-warni ternyata jadi daya tarik tersendiri bagi turis asing.Dilansir Grid.ID dai berbagai sember, berikut 10 jajanan pasar yang berwarna-warni bak pelangi.

(BACA JUGA : Amber f(x) Tanda Tangani Kontrak dengan Agensi Amerika, Bagaimana Nasibnya di SM Entertainment?)1. Putu MayangJajanan khas Betawi ini terbuat dari bahan utama tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti gulungan mie.Tampilan dari putu mayang juga cantik dengan kelir warna-warni (pink, hijau, dan putih). Belum lagi jika ditambah kuah cokelat campuran santan dan gula merah yang berwarna cokelat, bikin tampilan putu mayang bisa sangat menggugah selera.2. KleponKue berbentuk bulat, dengan isi gula merah ini dihidangkan dengan parutan kelapa.Standarnya, klepon yang terbuat dari tepung ketan ini berwarna hijau.Tapi kreasi kekinian, Klepon hadir dalam berbagai warna.Menikmati klepon, jangan asal gigit yah.Gula merah yang ada didalamnya bisa muncrat.

(BACA JUGA : Lagi Ngetrend, Ini 5 Alasan Yang Harus Kamu Tahu Tentang Frecklemakeup Atau Makeup Pipi Bintik)3. Bolu Kukus/Kue MangkokBolu kukus identiknya punya warna kombinasi.Dari yang coklat putih atau juga ada yang hijau putih.Tapi ada juga yang bikin kue dari adonan tepung dan telur ini, pakai kelir yang macam-macam.Mulai dari warna hijau, pink, ungu, kuning, putih, cokelat dan lain-lain.4. Kue CenilArek suroboyo, menyebut kue ini sebagai klanthing.Bahan yang dipakai membuat cenil adalah tepung sagu atau tepung kanji.Lalu dihidangkan dengan parutan kelapa dan juga yang menambahkan dengan gula merah cair.Kue cenil memiliki kemiripan dengan kue klepon yang bertabur parutan kelapa.Namun, bahan pembuatan utamanya berbeda, karena kue cenil biasanya dibuat dari tepung sagu dan singkong parut.Standarnya cenil itu berkelir pink, namun sekarang sudah ada yang hijau dan kuning. 5. Kue LapisNah, untuk jenis jajanan pasar yang satu ini yang paling mirip dengan pelangi.Hal ini dikarenakan, kue ini memiliki beraneka ragam warna dalam satu potongnya.Biasanya, lapis-lapis warna itu mirip dengan warna pelangi, yaitu terdiri daro warna pink, putih, hijau, ungu, biru, kuning, dsb.Kue yang memiliki cita rasa kenyal-kenyal dan lengket ini tak hanya menarik penampilan yang menarik tapi juga rasanya yang nikmat.6.  Getuk LindriJajanan pasar yang satu ini terbuat dari bahan dasar singkong.Tampilan dari jajanan getuk lindri ini biasanya beraneka warna, mulai dari warna pink, hijau, kuning, dan putih.Seperti klepon dan cenil, getuk lindri juga dihidangkan dengan taburan parutan kelapa.7. Ongol-ongolSeperti getuk lindri, kue ongol-ongol juga berbahan dasar singkong alias ubi pohon.Bedanya, jika getuk dibuat dengan cara menumbuk singkong rebus, ongol-ongol dibuat dari parutan singkong.Jajanan yang bertabur parutan kelapa ini memiliki warna-warni yang menarik, yaitu warna pink, hijau, dan kuning.

(BACA JUGA : Cantik Menawan, Inilah Potret Sarwendah Saat Mengenakan Dress Satin, Lihat yuk!)8. GeplakGeplak merupakan makanan khas dari daerah Yogyakarta. Meskipun jarang dikategorikan sebagai jajanan pasar, tetapi geplak juga merupakan jajanan khas Indonesia yang berwarna-warni.Jajanan yang terbuat dari bahan dasar gula pasir dan parutan kelapa ini biasanya berwarna pink, putih, hijau, kuning, dan cokelat.9. CarabikangCarabikang merupakan salah satu jenis jajanan pasar yang banyak dikenal masyarakat.Jajanan ini memiliki bentuk yang unik yakni mirip seperti bunga.Biasanya kue carabikang hanya berwarna pink.Akan tetapi, sekarang ini banyak variasi warna pada kue ini. Variasi warna yang biasa digunakan yaitu, warna pink, putih, dan juga hijau.10. MendutMendut, nama jajanan pasar yang satu ini mungkin terdengar seperti sebuah candi yang ada di Jawa Tengah.Namun, mendut yang dimaksud adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung ketan.Kue yang berteksture kenyal dan berisi parutan kelapa dan gula merah ini biasanya berwarna hijau.Akan tetapi, sama seperti carabikang, kue mendut juga mendapat variasi warna. Warna-warna yang biasa digunakan pada kue mendut adalah merah, hijau, dan kuning.Nah itu tadi sepuluh jenis jajanan pasar yang berwarna-warni.Apakah salah satunya jajanan pasar kesukaan kamu? (*)