Find Us On Social Media :

Wajib Tahu, 7 Makan Berkuah yang Lezat dengan Nama Depan 'Soto'

By Novita Desy Prasetyowati, Senin, 30 Juli 2018 | 19:03 WIB

Nggak hanya Soto Lamongan, banyak nama makanan berkuah namanya soto

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Makanan berkuah yang namanya Soto, nggak hanya dari Lamongan, Jawa Timur saja loh.

Banyak daerah di Indonesia yang hidangan berkuahnya juga disebut Soto.

Tak hanya di pulau Jawa, nama soto juga berambah sampai Kalimantan.

Berikut 7 hidangan berkuah yang pakai nama soto.

1. Soto LamonganHidangan ini terdiri dari racikan daging, telur ayam, daun seledri, dsb.Soto Lamongan menjadi khas dan dikenal publik karena memiliki keunikannya tersendiri.Keunikan itu terlihat dari adanya koya atau serbuk gurih yang biasa ditaburkan di atas Soto Lamongan.

(BACA JUGA : No Dance, In My Feeling Challenge Versi Merry Riana Bikin Baper)2. Soto PadangSoto Padang merupakan kuliner yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Diolah dengan menggunakan kuah kaldu sapi dan potongan dendeng daging sapi.Namun yang unik dari soto Padang adalah adanya cita rasa sedikit asam karena diberi campuran cuka.3. Soto BetawiSoto yang satu ini memang memiliki cita rasa yang unik dan khas.Hal ini dikarenakan kuah santan yang kental karena dcampur dengan tambahan susu yang memberi cita rasa gurih nikmat.Selain itu, bumbu-bumbu sepperti pala, cengkeh, dan kapulaga juga digunakan di dalam membuat kuah Soto Betawi.Uniknya lagi, soto betawi biasa dilengkapi dengan aneka macam jeroan, acar timur, dan emping.

(BACA JUGA : Donna Agnesia Bagikan Ritual Khusus Bareng Darius Sinathrya Sebelum Pergi)4. Soto BanjarSoto yang khas dari Kalimantan ini memiliki keunikan tersendiri.Bahan utama yang biasanya dipakai pada Soto Banjar, diantaranya ayam suwir, wortel, tauge, perkedel, dan telur.Tak hanya itu, biasanya soto pada umumnya dilengkapi dengan nasi, tetapi Soto Banjar disajikan dengan menggunakan ketupat atau lontong.5. Soto BandungSoto bandung ini memiliki kuah bening dan irisan daging sapi.Sama seperti soto pada umumnya, Soto Bandung menggunakan racikan tomat dan seledri.Namun yang unik pada sajian ini adalah adanya lobak dan kedelai goreng di dalamnya.6. Soto MedanSoto medan menggunakan kuah santan yang berwarna sedikit kekuning-kuningan dengan rasa serai yang cukup tercium.Dalm 1 porsinya, Soto Medan terdiri dari suwiran daging ayam, kentang, dan telur rebus. 7. Soto KudusHidangan asli Kudus, Jawa Tengah ini hampir mirip dengan soto Lamongan.Isinya juga ada suwiran ayam dan taoge.Kuahnya bening dan disajikan dalam mangkuk kecil per porsinya.Selain suwiran daging ayam, ada juga yang menjual dengan menggunakan daging kerbau.