Find Us On Social Media :

7 Pulau Bernama Binatang di Indonesia, Nomor 3 Dihuni Binatang Purba

By Novita Desy Prasetyowati, Selasa, 31 Juli 2018 | 16:57 WIB

Pulau Angso Duo, Sumatera Barat

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Punya pulau sekitar 17 ribu, nggak salah kalau Indonesia disebut negara kepulauan.Dari banyaknya pulau itu, baru hampir separuh yang sudah ada namanya.Penamaan pulau-pulau itu, ada yang pakai nama binatang.Berikut ini 7 pulau di Indonesia yang penamaannya seperti itu.1. Pulau Biawak, JabarPulau biawak merupakan pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, Kabupaen Indramayu, Jawa Barat.Seperti namanya, di pulau ini nanti kamu bisa menjumpai satwa liar yang dilindungi, yaitu binatang biawak.Tak hanya itu, pesona pantai dan batu karangnya sangat indah.Pulau yang memiliki luas daratan sekitar 120 hektare ini menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

(BACA JUGA : Park Seo Joon Tanggapi Rumor Kencannya dengan Park Min Young dan Kemungkinan untuk Cinlok Beneran!)2. Pulau Burung, Bangka BelitungPulau burung merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Belitung.Nama burung sendiri diambil dari bebatuan granit besar yang berbentuk seperti burung sedang mengerami sarangnya.Sementara potensi lautan seperti terumbu karang, banyak jenis ikan laut, serta pasir yang putih sanngat pas menjadi destinasi wisata.3. Pulau Komodo, NTTPulau komodo merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia.Kawasan Taman Nasional Komodo tersebut terdapat di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.Tak hanya populer oleh turis mancanegara, tempat habitat binatang raksasa pemakan daging ini juga meraih penghargaan sebagai New Seven Wonders of Nature dan situs warisan dunia oleh UNESCO.4.Pulau Angso Duo, Sumatera BaratAngso Dua memiliki arti angsa dua atau sepasang angsa.Pulau Angso Duo berada di pesisir barat Kota Pariaman, Sumatra Barat.Pulau Angsa duo disebut juga dengan pulau anso. Terdapat hamparan pasir yang mengelilingi seluruh pulau seluas 5,13 Ha tersebut.Pulau Anso merupakan pulau dataar dengan pasir putih yang ditumbuhi berbagai jenis pohon seperti, kelapa, bakau, semak, dan rumput.

(BACA JUGA : 3 Material Dinding Rumah di Indonesia, Nomor 2 Paling Tahan Gempa)5. Pulau Babi, NTTPulau Babi merupakan nama sebuah pulau kecil yang ada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.Pulau Babi terlihat cantik karena memiliki laut yang bening, terumbu karang yang berwarna-warni dan pasir putih.Pulau berdiameter 2,5 km itu hanya dihuni 30 keluarga.Hal ini disebabkan banyak warga asli pulau babi yang memilih meninggalkan pulau babi pasca tsunami yang terjadi pada tahun 1992 lalu.6. Pulau Pari, Kepulauan SeribuPulau pari merupakan destinasi wisata yang ada di Kepulauan Seribu.Konsep dari tempat wisata ini adalah wisata bahari dan maritim.Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga air seperti berenang dan snorkeling untuk menikmati biota laut yang luar biasa.Ikan pari, penyu, bintang laut, dan landak laut bisa kamu temui di sana.7. Pulau kucing, Maluku UtaraTak hanya di Jepang, ternyata di Indonesia juga memiliki pulau kucing.Pulau kucing terletak di Kepulauan Sula, Maluku Utara.Dilansir dari Kompas.com, pulau kucing merupakan pulau tersendiri yang digunakan sebagai tempat pembuangan kucing di Kepulauan Sula.Meskipun kucing-kucing dibuang di sana, tetapi para warga tetap memberi mereka makan.Sejak tahun 2017, pulau kucing ini menjadi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. (*)