Find Us On Social Media :

Jadi Negara Rawan Gempa Seperti Indonesia, Jepang Terapkan Hal ini

By None, Jumat, 10 Agustus 2018 | 21:05 WIB

Kolase Grid.ID

Grid.ID - Dikenal sebagai wilayah yang rentan terhadap bencana alam, terutama gempa bumi, sebanyak 1.500 gempa terjadi di Jepang setiap tahunnya.

Meski begitu, jumlah korban yang meninggal maupun terluka berkurang cukup signifikan dibanding yang sebelumnya.Ini karena warga Jepang sudah melakukan berbagai hal untuk mempersiapkan diri saat menghadapi gempa. Berikut di antaranya:

(Baca Juga :Dalam Film Marvel, 10 Karakter ini Sebenarnya Lebih Kuat Dari ThanosRumah tahan gempa             Untuk memastikan keselamatan, penting untuk memulainya dari rumah sendiri. Salah satu caranya adalah dengan membuat bangunan serta rumah yang tahan gempa. Dengan begitu, itu tidak akan mudah runtuh saat gempa menyerang.Diketahui bahwa tertimpa bangunan menjadi penyebab kematian utama saat bencana tersebut terjadi.Di Jepang, semua bangunan baru harus mengikuti aturan ketat yang dibuat pemerintah. Bangunan tersebut harus memenuhi dua syarat: dijamin tidak akan runtuh akibat gempa bumi dalam 100 tahun ke depan, serta tidak mengalami kerusakan dalam sepuluh tahun waktu pembangunan.Lebih lanjut, semua material yang digunakan dalam konstruksi juga harus sesuai dengan aturan pemerintah.

(Baca Juga :Polisi Berhasil Tangkap PNS yang Miliki Senjata Api Ilegal AK-47)Sistem peringatan gempaSemua ponsel pintar di Jepang memiliki sistem peringatan gempa dan tsunami yang terpasang di dalamnya. Sekitar 5-10 detik sebelum bencana menyerang, sistem peringatan akan berbunyi. Ini memberikan waktu bagi warga Jepang untuk keluar dari rumah atau berlindung di bawah meja.Ketika peringatan berbunyi, dengungannya terdengar keras, bersamaan dengan suara yang mengatakan: “Jishin desu! Jishin desu!”, yang berarti “Ada gempa bumi!”, hingga getaran berhenti.Di daerah pesisir, sistem ini berkontribusi dalam meminimalisasi jumlah korban dengan memberi peringatan 5-10 menit sebelum tsunami datang.Selain itu, Japan Meteorological Agency juga telah memasang lebih dari 200 stasiun peramal gempa di seluruh negara tersebut.Dengan semua informasi yang dikumpulkan dari stasiun-stasiun itu, pemerintah dapat menganalisis data, mengidentifikasi ruang lingkup bencana, serta memprediksi waktu terjadinya gempa di masing-masing wilayah Jepang. Kemudian, mereka akan mempublikasikan peringatan kepada masyarakat sehingga dapat mempersiapkan diri.

(Baca Juga :Saat Kritis, Putri Diana Lontarkan Pertanyaan ini Pada Petugas Pemadam)

Evakuasi MandiriUntuk mengurangi dampak bencana alam, pemerintah Jepang telah memberikan panduan mengenai cara bertahan hidup jika gempa menyerang. Negara ini juga telah membangun fasilitas darurat yang bisa menampung banyak orang jika bencana besar terjadi.Yang harus dilakukan para penduduk adalah mempersiapkan ‘ransel gawat darurat’ – masing-masing satu untuk setiap anggota keluarga – yang berisi benda-benda penting seperti senter, obat-obatan, selimut, masker, tali, radio, serta makanan untuk tiga hari hingga seminggu.Selain itu, pusat evakuasi lokal yang dibentuk warga (umumnya memakai ruang senam di sekolah) juga dilengkapi dengan helm, selimut, senter, makanan. Ini menjadi tempat pengungsian bagi orang-orang yang rumahnya tidak lagi aman.

(Baca Juga :Bukan Cuma Virus, Bahaya ini Juga Incar Ponselmu Saat Buka Situs Porno)Sosialisasi dan pelatihanPemerintah Jepang fokus untuk memberikan informasi yang cukup mengenai gempa bumi dan tsunami kepada para warganya. Sesi pelatihan menghadapi bencana alam, dilakukan secara rutin.Pelatihan ini dimulai sejak dini, anak-anak prasekolah pun harus berpartisipasi.Semua anak-anak di Jepang tahu jika gempa bumi terjadi, mereka tidak diperbolehkan panik atau menangis. Sebaliknya, mereka sadar harus melindungi kepala, keluar dari rumah, dan tidak boleh mendorong orang lain yang sama-sama sedang menyelamatkan diri.Hal lain yang diketahui orang-orang Jepang ketika gempa bumi terjadi adalah mereka harus menghindari barang-barang yang digantung di dinding. Sebab, itu berpotensi menyebabkan luka parah jika terjatuh dan menimpa mereka.Peran ibu rumah tanggaIbu rumah tangga juga memainkan peran penting dalam pencegahan bencana. Karena gempa bumi kemungkinan akan memengaruhi pipa gas dan menyebabkan kebakaran, para ibu rumah tangga telah dilatih untuk segera mematikan gas dan listrik saat bencana terjadi.Mereka juga memiliki tugas penting lainnya: yaitu memeriksa perlengakapan darurat secara berkala agar tidak rusak atau kadaluarsa ketika dibutuhkan.

(Baca Juga :Miris! Seorang Ibu Asik Main Hp Hingga Tak Sadar Anaknya Tenggelam)Instruksi jelasDi beberapa kantor, pusat perbelanjaan, dan ruang publik, tersedia instruksi evakuasi yang jelas. Tanda 'keluar' juga terpasang dengan baik sehingga kita bisa mengikuti arah tersebut jika gempa bumi terjadi.Jika Anda datang ke Jepang atau tinggal di sana, pastikan Anda familier dengan langkah-langkah penyelamatan dasar sehingga tahu apa yang harus segera dilakukan jika bencana alam menyerang.(*)

Artikel ini telah tayang di National Geographic dengan judul Cara Jepang Bertahan Dari Serangan Gempa Bumi yang Kerap Terjadi