Find Us On Social Media :

5 Manfaat Garam, Ampuh Bersihkan dan Memperbaiki Rumah!

By Novita Desy Prasetyowati, Minggu, 12 Agustus 2018 | 17:51 WIB

Garam

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Garam ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan masakan.Kandungan natrium dan mineral yang tinggi pada garam ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan barang-barang rumah tangga.Tak hanya membersihkan noda, ternyata garam juga memiliki fungsi untuk menghilangkan bau tidak sedap pada hunian.

(BACA JUGA: 7 Manfaat Soda Kue, Pakaian dan Mesin Cuci Jadi Lebih Awet!)Untuk mengetahui apa saja fungsi garam untuk barang-barang rumah tangga, berikut Grid.ID telah merangkum dari laman how stuff works.Terdapat 5 manfaat tersembunyi garam untuk merawat barang-barang rumah tangga, seperti berikut ini.1. Untuk Memberihkan KarpetKarpet sering kali mendapat noda akibat tumpahan makanan atau minuman, dan sulit dibersihkan.Tak hanya itu, karpet yang berukuran tebal biasanya akan sulit dikeringkan sehingga noda pada karpet tersebut akan menimbulkan bau yang tak sedap. Namun tak usah bingung, ternyata noda pada karpet dapat dibersihkan dengan menggunakan garam dapur.Cara membersihkan noda pada karpet hanya dengan menaburi noda dengan garam kemudian tunggu 15 menit.Bersihkan garam, tuangkan secangkir cuka lalu gosok satu arah hingga noda pudar dan baru dicuci dengan detergen.2. Merevitalisasi Furnitur RumahTidak sedikit furnitur di dalam rumah yang bisa dirawat dengan menggunakan garam. Pasalnya, perawatan dengan garam bisa membuat furnitur menjadi lebih tahan lama.Garam bisa digunakan untuk merawat semua jenis furnitur mulai dari furnitur yang terbuat dari kayu, rotan, hingga logam.Agar warna furnitur yang terbuat dari rotan tetap awet kamu bisa menggosokkan furnitur rotan dengan air yang telah dicampur dengan garam. Kemudian jemur furnitur rotan tersebut di bawah sinar matahari.

(BACA JUGA: Sulap Hunian Anda Agar Tampak Unik dengan 8 Ciri Dekorasi Khas Maroko!)Kamu juga bisa membersihkan noda atau jamur pada kayu dengan campuran minyak zaitun dan garam, kemudian lap dengan kain lembut.Untuk membersihkan furnitur yang terbuat dari logam kamu bisa mencampurkan garam dengan cuka kemudian mengoleskannya pada furnitur tersebut. Tunggu setengah jam hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat.Untuk membersihkan dan mencerahkan permukaan tembaga atau kuningan, bisa dengan pasta yang terbuat dari adonan garam, tepung, dan cuka. Gosok dengan kain lembut, diamkan selama sekitar 1 jam, kemudian bersihkan dan gosok dengan kain bersih yang lembut.3. Menutup Lubang Bekas PakuGaram ternyata juga dapat digunakan sebagai plaster untuk menutup lubang beka paku pada tembok.Caranya, hanya dengan mencampurkan 2 sdm garam dan 2 sdm tepung maizena, dengan 5 sdt air, hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian tutup lubang bekas paku dengan adonan tersebut hingga mengering kemudia lapisi dengan cat.4. Membuat Lilin Lebih AwetLilin yang telah dinyalakan biasanya akan menetes dan cepat habis. Untuk itu, kamu bisa merendam lilin pada air yang telah ditambah garam, kemudian menjemurnya hingga kering, Kemudian kamu bisa menyalakannya seperti biasa dan lilin akan bertahan lebih lama.5. Menghilangkan KaratKamu bisa menghilangkan karat apapun dengan menggunakan garam. Caranya hanya dengan membuat pasta dari campuran garam dan krim tartar dengan sedikit air, oleskan pada noda karat, diamkan di bawah sinar matahari lalu gosok dengan kain kering.

(BACA JUGA: Mengintip Hotel Paling Romantis di Yunani, Tempat Tasya Kamila Honeymoon)Metode penghilangan karat lainnya adalah dengan membuat pasta dari jus lemon dan garam. Oleskan pasta ke objek berkarat, dan gosok dengan kain kering yang lembut.Seperti yang kamu lihat, garam tidak hanya untuk bumbu di dapur, tapi juga bisa sangat bagus untuk membersihkan dan memperbaiki rumah. (*)