Find Us On Social Media :

Agar Tidak Salah Memodifikasi Motor, Ketahui Dulu Tren Alirannya Motor Custom

By Novita Desy Prasetyowati, Minggu, 12 Agustus 2018 | 21:11 WIB

Motor custom

Laporan Wartawan Grid.ID, Novita D PrasetyowatiGrid.ID - Memodifikasi motor merupakan hobi yang banyak digemari para biker.Hal itu terlihat dari banyaknya perlombaan yang mengadu custom dari motor modifikasian tersebut.Seperti perlombaan 'Curtom Bike Contest' Suryanation Motorland 2018 Battle yang diselenggarakan Sabtu, 11 Agustus 2018 lalu di Pusdik Penerbad Bandara Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

(BACA JUGA: Helm Produksi Negara Indonesia Ini, Hadir di Pernikahan Simone Corsi)Pada ajang perlombaan tersebut terlihat antusias dari para pemiliki motor custom sebanyak 120 peserta.Dilansir Grid.ID dari laman Gridoto, pada event tahunan yang bertema 'Live to Inspire' tersebut terpajang beberapa kategori motor yang terlihat seperti, kategori Chopper/Bobber, Scrambler/Tracker, Cafe Racer, Street Cub/Chopy Cub, Classic Scooter, Matic Custom, Classic Bike, dsb.Adanya event tahunan tersebut tidak menutup kemungkinan para perempuan juga tertarik mengikuti trend custom motor.Namun, untuk para pemula yang ingin memodifikasi motornya biasanya sering melakukan kesalahan saat akan membuat motor custom.Kesalahan itu adalah salah memilih basic motor dan kurang mengetahui trend atau jenis custom motor.Aliran custom yang dipilih haruslah sesuai dengan jenis basic motor. Misalnya, untuk custom bergaya scrambler atau street tracker harusnya menggunakan jenis motor modern classic.Sedangkan jenis motor sport fairing bergaya modern lebih cocok diubah dengan gaya naked bike ataupun cafe racer.Untuk mengetahui lebih banyak tentang gaya atau trend custom motor, berikut ini jenis-jenisnya.1. Cafe racerCafe racer merupakan aliran motor custom bergaya motor balap zaman dulu. Ciri-cirinya adalah stang jepit yang otomatis membuat posisi badan lebih menunduk layaknya motor balap, dan jok yang rendah dan bagian belakang melengkung ke bawah dan ke atas seperti ekor tawon.2. Jap's StyleJap's Style merupakan gaya custom yang identik dengan tangki semi trail, sehingga menyerupai motor Harley Davidson. Tak hanya itu, biasanya jok single seater juga identik dengan gaya ini.3. ChopperChopper merupakan modifikasi motor yang paling mudah dikenali karena menggunakan fork atau garpu depan yang menonjol. Selain itu, ban depan cenderung lebih besar dari ban belakang.4. BobberCiri khas dari gaya ini adalah ban depan dan belakang yang memiliki ukuran besar.Selain itu, mesin yang digunakan juga harus mesin besar agar terlihat lebih jantan.5. ScramblerGaya scrambler memiliki ciri khas ban bermotif kotak atau trail, sehingga cocok untuk semi off road dan mendaki pegunungan.6. Brat StyleCiri khas dari trend custom ini adalah tangki besar yang panjang, ban besar dan tinggi dengan kembang klasik, serta warna yang cenderung gelap.

(BACA JUGA: Kisah 'Sasa', Bule Perancis yang Kecantol Indonesia dan Vespa)7. Flat TrackerGaya yang satu ini memiliki ciri khas tangki kecil dan buntut yang meruncing bergaya retro.Jadi mana nih gaya custom yang ingin kamu lakukan pada jenis motormu? (*)