Find Us On Social Media :

Kenapa Perempuan Sering Jadi Penyebab Kecelakaan? Cari Tahu Jawabannya di Talkshow Energetic Defensive Driving Experience!

By Nurul Nareswari, Sabtu, 6 Oktober 2018 | 16:06 WIB

Sony Susmana, perwakilan dari SDCI ketika memberikan pemaparan kepada peserta Energetic Defensive Driving Experince with Suzuki bersama Pemimpin Redaksi Tabloid NOVA, Indira Dian Saraswati Susmana, dan Ryohei Uchiki, perwakilan dari Suzuki Indomobil Sales Indonesia serta Dewi Paramitha, influencer defensive driving Sabtu (6/10) di Mall Alam Sutera

Grid.ID - Saat berkendara, kecelakaan seringkali terjadi akibat kelalaian pengemudi. Apalagi pengemudi perempuan yang dinilai lebih sering lalai dalam memerhatikan rambu lalu lintas.

Selain itu, fokus saat mengemudi menjadi hal penting yang harus diterapkan setiap pengemudi.

Dalam sesi talkshow Energetic Defensive Driving kerjasama NOVA dengan Suzuki, pria yang akrab disapa Sony ini memaparkan bahwa saat berkendara sebaiknya handphone di-nonaktifkan agar fokus ketika menyetir.

"Jadi, kita wajib fokus ketika berkendara supaya tidak membahayakan pengendara lain seperti bermain HP, melakukan stretching sebelum berkendara dan mengontrol laju kendaraan," ungkap Sony Susmana, instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia di Mall Alam Sutera Sabtu pagi (10/6).

Baca Juga : Galang Dana untuk Gempa Palu, 100 Musisi Berhasil Kumpulkan Donasi Lebih dari Rp 17 Miliar!

Sony menerasngkan, saat terburu-buru, pengemudi wanita juga seringkali memakai bahu jalan dan memakai lajur yang tidak semestinya, atau menyalip tanpa memberi tanda lampu sein terlebih dahulu.

Hal itu lah yang menjadi salah satu pemicu kecelakaan.

Tidak hanya itu, Pemimpin Redaksi NOVA, Indira Dian Saraswati juga memaparkan beragam fakta yang ada tentang keselamatan dari perempuan ketika berkendara.

"Fakta-fakta ini bukan berarti menyudutkan kita sebagai perempuan, tapi jadikanlah fakta-fakta ini sebagai refleksi diri," urainya.

Baca Juga : Menilik Diskotek Tanamur Milik Mantan Suami Ratna Sarumpaet yang Kini Tinggal Kenangan

Indi, begitu dirinya disapa juga menjelaskan ada banyak faktor penyebab kecelakaan seperti lupa mengecek fitur mobil, mengemudi dalam kecepatan tinggi saat terburu-buru hingga tidak fokus saat berkendara.

Oleh karenanya, pada talkshow kali ini Ryohei Uchiki, perwakilan dari Suzuki Indomobil Sales Indonesia membeberkan beberapa fitur-fitur yang harus dikenali oleh para peserta saat mengendarai mobil.

"Saat ini banyak perangkat yang canggih tapi tak banyak yang mengetahui hal ini. Padahal itu sangat penting agar kita selamat di jalan," tutup Uchiki.(*)