Find Us On Social Media :

Teknologi Canggih dalam Produksi Toyota di Indonesia

By Dianita Anggraeni, Jumat, 9 November 2018 | 16:02 WIB

Teknologi canggih dalam produksi Toyota Sienta

 

Grid.ID – Industri otomotif merupakan salah satu sektor yang sarat dengan kemajuan teknologi.

Termasuk pabrikan otomotif roda empat terbesar dalam negeri, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang menggunakan teknologi canggih untuk memproduksi mobil dan komponen di Indonesia.

Dikutip oleh Grid.ID dari Kompas.com, saat ini, dalam proses produksi Toyota, terutama pada area welding atau pengelasan, teknologi robot mengerjakan 20 persen bagiannya.

Baca Juga : Sienta Menjadi Bukti Kualitas Toyota Indonesia di Dunia

Pada fasilitas Karawang Plant 2 milik TMMIN, lokasi produksi Toyota Sienta, juga dilengkapi dengan teknologi manufaktur terkini.

Teknologi canggih ini mungkin terdengar asing, tapi buat engineer, pasti paham apa itu Servo Line di bagian pengepresan dan Piano Welding untuk proses pengelasan.

Teknologi Piano Welding, mendukung peningkatan presisi, keamanan dan efisiensi dalam proses produksi, sehingga menghasilkan produk  berkualitas global.

Baca Juga : Quality Control Super Ketat Buat Toyota Sienta

Salah satu bukti kualitas yang dihasilkan, faktanya Sienta buatan Indonesia sudah diekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Model Toyota lain juga sudah banyak yang dikirim ke luar negeri, bahkan lebih dulu eksis lebih dulu di pasar global, seperti Fortuner dan Vios.

Rangkaian produksi lokal dan ekspor ini menunjukan bahwa TMMIN memiliki kapabilitas, sehingga dipercaya untuk memproduksi produk berkualitas global, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, baik di Indonesia maupun di mancanegara. (*)